lapar terus
foto gorrygourmet

Ups, Ternyata Ini Yang Membuat Kamu Lapar Terus

Belum lewat dari satu jam yang lalu menuhin mulut dengan mie ayam, tiba-tiba kamu merasa lapar lagi. Setelah diingat-ingat, bukan mie ayam aja yang udah kamu makan. Bubur ayam, gorengan, dan kue-kue juga sempat kamu lahap sebelumnya.

Punya nafsu makan yang tinggi nggak selamanya jadi hal yang baik, lho! Selain bikin kempes kantong karena jajan terus, diam-diam akan ada banyak penyakit yang siap menyerang tubuh kamu. Eh, tapi nggak perlu panik juga. Soalnya, rasa lapar terus-menerus yang sering kamu alami, kadang disebabkan oleh hal-hal ini.

Kurang tidur
Keseringan SKS atau cuma chat sama gebetan sampai subuh udah pasti menyita waktu istirahat kamu yang pas-pasan. Saat tubuh terus-terusan dalam kondisi aktif, ia pasti akan mencari energi. Makanya, pastikan kamu istirahat yang cukup kalau mau punya nafsu makan yang normal-normal aja, ya!

Stress atau cemas
Iya, deretan tugas, makalah yang harus dikerjakan, dan kegiatan yang harus kamu jalani memang nggak gampang untuk dijalani dan bisa jadi berujung stress atau perasaan cemas. Oleh sebab itu, penting banget untuk kamu menjaga diri dari perasaan yang bikin jadi banyak pikiran. Soalnya, saat seseorang stress atau cemas, kamu akan lebih mudah mengalami eating disorder.

Haus
Salah satu kebiasaan baik yang harus kamu mulai dari sekarang adalah minum air sebelum memutuskan untuk memasukkan sesuatu ke dalam mulut. Faktanya, tubuh sering tertukar kalau mengirim sinyal antara lapar dan haus. Jadi, yang sebenarnya kamu hanya butuh segelas air putih, berujung dengan makan dua piring.

Makan kalori kosong
Ngemil-ngemil cantik sata lagi mengerjakan tugas memang asik. Tapi, kamu harus tahu kalau cemilan terutama cookie, permen, dan makanan manis lainnya mengandung kalori kosong. Makanan ini nggak bernutrisi, jadi rasanya nggak akan pernah kenyang.

Salah tebak
Masih banyak lho orang yang susah membedakan antara ingin dan lapar. Saat lapar, tubuh kamu akan menunjukkan reaksi seperti gemetar, lemas, dan juga bunyi-bunyian di perut yang biasa disebut keroncongan. Nah, kalau cuma ingin, biasanya kamu punya keinginan untuk makan dan berusaha untuk mendapatkannya. Jadi, udah tahu kan apa yang kamu rasakan kalau lagi lewat toko kue dan melihat deretan cheesecake di etalase?

Eits, jangan lupa, kamu punya kontrol penuh untuk tubuh dengan nggak membiarkannya makan terus-terusan, kok! (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com