tips kembali fokus di kelas
foto yayasan bppi

Tips Ringan Ini Bikin Kamu Kembali Fokus di Kelas

Pernah nggak sih kamu melamun saat mengikuti pelajaran? Pasti sering, ya! Setelah berjam-jam duduk dan mengikuti pelajaran, ada kalanya kamu mulai lelah dan nggak fokus. Sementara tubuh kamu lagi duduk berpangku tangan di kelas, pikiran kamu mungkin lagi asik jalan-jalan di luar sana. Entah lagi mikiran tugas yang belum selesai atau bayangin gebetan yang lagi asik jalan-jalan sama teman satu kelasnya.

Kebiasaan melamun dan nggak fokus di kelas udah pasti berdampak buruk sama nilai. Gimana mau fokus kalau pikiran nggak tertuju ke pelajaran lagi. Saat guru lagi menerangkan rumus yang penting, kamu justru nggak memperhatikan. Biar kejadian ini nggan terulang lagi, ada baiknya kamu coba belajar kembali fokus di kelas dengan cara sederhana ini.

Minum air putih
Melamun dan nggak fokus, biasanya penyebab utamanya adalah dehidrasi. Saat kebutuhan air di otak kamu terpenuhi, kamu bisa berpikir lebih cepat, lebih fokus, dan juga lebih kreatif. Soalnya, air mengandung energi yang dapat menunjang kerja otak. Jadi, kalau bisa, siapkan air minum biar bisa diminum saat mulai nggak fokus, ya! Habis minum, pelan-pelan kamu akan kembali fokus.

Permen karet
Makan permen karet di kelas memang nggak sopan, tapi kamu bisa izin ke kamar mandi untuk mengunyah permen karet sebentar. Agar kembali fokus, kamu perlu mengunyah permen karet rasa mint. Soalnya, aroma dan rasa mint bisa membuat kamu fokus dan terjaga. Gerakan yang dilakukan rahang kamu saat mengunyahnya juga membuat aliran oksigen jadi lebih lancar ke otak.

Buat catatan
Saat menggerakkan tangan untuk menulis, otak kamu harus dalam kondisi “on”. Nah, saat mulai mengantuk, nggak ada salahnya membuat doodle-doodle berisi catatan tentang apa yang dijelaskan guru atau dosen. Jadi, otak kamu terus terjaga dan memperhatikan sehingga kembali fokus ke pelajaran.

Duduk di depan
Secara psikologis, duduk di deretan depan akan membuat kamu merasa diawasi atau waspada terhadap ancaman. Oleh sebab itu, begitu melamun, langsung saja pindah ke barisan paling depan. Jangan lupa, pastikan postur duduk kamu selalu tegak karena menyender akan membuat tubuh rileks lalu mengantuk.

Agar nggak mengalami susah kembali fokus di kelas, coba hindari makan makanan yang mengandung banyak gula saat istirahat. Banyak mengonsumsi gula membuat kamu jadi cepat lelah dan jadi nggak fokus lagi sama pelajaran. Oke selamat mencoba, ya. (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com