foto corbis
foto corbis

Tips Memilih Genre Musik Buat Jadi Teman Belajar

Yang namanya belajar memang paling asik kalo sambil mendengarkan musik. Selain belajarnya nggak cepet bosen, nada-nada bunyi dan lagu yang tepat juga bisa bikin kamu tambah semangat. Menurut psikolog Dr. Emma Gray, mendengarkan genre musik yang tepat ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak dalam belajar. Makanya, nggak sembarang musik bisa jadi teman belajar kamu.

Salah memilih jenis musiknya bukannya konsentrasi belajar makin bagus, tapi malah sebaliknya. Kamu bukannya sibuk membaca, tapi malah keasikan ikut nyanyi. Tapi, kalau musik yang dipilih tepat bisa bantu meningkatkan konsentrasi kamu. Makannya, banyak orang yang belajar sambil dengerin musik dan hasil belajarnya tetap bagus-bagus aja. Nah, biar nggak salah milih, kira-kira genre apa yang cocok untuk setiap pelajaran?

Matematika: yang klasik-klasik
Yang namanya musik klasik punya irama yang bisa membuat detak jantung lebih rileks sekaligus menenangkan otak. Nah, kalo badan udah rileks, pikiran juga tenang, konsentrasi pasti jadi lebih gampang. So, musik klasik cocok banget buat nemenin kamu belajar matematika atau ilmu eksak lainnya.

Social science and literature: musik R&B
Mata pelajaran yang berhubungan sama otak kiri erat kaitannya sama nganalisis dan juga berpikir logis. Nah, kalo kamu lagi belajar materi yang berhubungan sama social science atau literature, irama nge-beat R&B bisa merangsang otak waktu mempelajari hal-hal baru, memproses informasi, dan menyelesaikan masalah. Cocok banget nih buat nemenin belajar pengetahuan sosial atau bahas-bahas soal sastra.

Seni dan bahasa: musik pop atau rock
Yang paling sering seliweran di radio kayak pop dan rock ternyata bagus banget loh buat otak kanan. Yup, genre musik ini bisa merangsang perasaan senang dan meningkatkan kerja otak supaya lebih kreatif. So, pas banget loh buat nemenin kamu ngerjain tugas seni rupa, atau mungkin yang ada kaitannya sama bahasa.

Nah, jangan sampe salah dengerin musik lagi, ya. Selamat belajar! (mns)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com