ulang tahun

Tips Mematikan Notifikasi Ulang Tahun di Facebook

Dapat notifikasi hari ulang tahun teman, gebatan atau pacar di Facebook pasti bikin kamu senang. Selain mengingatkan kamu tentang hari-hari spesial itu, kamu nggak perlu buka catatan di buku harian soal siapa saja yang sedang ulang tahun. Tapi, berhubung pertemanan kamu di Facebook udah mencapai ribuan, hampir seriap hari kamu dapat notifikasi ulang tahun mereka. Bahkan, dalam sehari kamu bisa terima notifikasi ulang tahun sampai puluhan kali.

Diserbu notifikasi ulang tahun setiap saat pasti bikin kamu nggak nyaman lagi. Selain bikin berisik karena pakai suara, akun sosial media kamu jadi penuh sama centang merah terus-terusan. Padahal, kamu cuma pengen mengingat hari spesial orang-orang tertentu yang udah kamu ingat aja. Nah, biar kondisi begini nggak keterusan, ada baiknya kamu matikan notifikasi ulang tahun di Facebook kamu.

Cara matikan notifikasi ulang tahun nggak butuh keahlian khusus. Caranya persis kayak kamu lagi daftar dan bikin akun baru di sosial media ini. Biar gampang, yuk ikuti langkah berikut ini seperti dikutip dari business insider.

Gunakan versi website

notifikasi ulang tahun-1

Biar lebih gampang prosesnya, sebaiknya kamu gunakan Facebook versi website yang bisa kamu buka di laptop atau PC. Kalau pakai hape agak riskan karena terlalu ribet jadinya. Bukan akun kamu lalu klik panah di bagian kanan atas sampai muncul opsi-opsi pengelolaan akun. Salah satu yang muncul adalah fitur Settings.

Masuk ke fitur setting

notifikasi ulang tahun-2

Fitur Settings jadi pintu pertama untuk mengelola akun Facebook. Letaknya persis di bagian kanan bawah sebelum tombol Log Off. Nah, kalau sudah ketemu tombol Settings, langsung kamu klik. Nanti layar akan berubah. Pilih tombol Notifications yang ada di bagian kiri layar laptop kamu.

Pilih opsi birthday

notifikasi ulang tahun-3

Kalau sudah ketemu tombol Settings dan kamu pencet sampe layar berubah, saatnya pilih opsi On Facebook. Di sini kamu bakal ketemu dengan beberapa opsi dan masuk ke bagian What You Get Notified About. Setelah ketemu cari opsi Birthdays. Klik opsi ini untuk memilih opsi On atau Off. Jangan lupa, klik opsi Off.

Tiga langkah ini akan mematikan notifikasi ulang tahun yang mulai ganggu kenyamanan pakai Facebook. Kamu boleh mematikan sementara waktu dan bisa dipakai lagi kalau kamu sudah siap. Cara aktifkan sama dengan proses mematikan. Bedanya, di bagian akhir kamu tinggal pilih opsi On kalau mau mengaktifkan kembali. Selamat mencoba, ya. (afs)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com