Tips

Tetap Tenang Meski Ditinggal Mudik Sendirian

 

Tinggal sendirian di rumah yang gedenya lebih dari 5 kali ukuran kamar kamu emang agak malesin gimana gitu. Apalagi, pas deket-deket Lebaran gini yang kebanyakan juga pada mudik ke kampung halaman. Nah, masalahnya, Lebaran kali ini kamu nggak bisa ikut Mama Papa buat mudik gara-gara ada kegiatan ospek. Duh, terpaksa bertahan sendirian di rumah lebih dari seminggu, nih. Kira-kira, apa aja ya yang perlu disiapin?

Sedia makanan sebelum lapar
Daripada kamu bingung hari ini mau makan apa, terus besoknya juga sampe seminggu ke depan gitu terus, mending minta dimasakin dulu aja sama Mama terus disimpen di dalem freezer. Nah, kalo laper, tinggal panasin di atas kompor atau masukin ke microwave terdekat. Terus, buat jaga-jaga, jangan lupa siapin makanan instan juga, ya.

Pastikan semua tagihan bulanan sudah lunas
Nah, sebelum orangtua kamu berangkat mudik, jangan lupa tanya ke mereka udah bayar tagihal listrik, telepon, sama internet atau belum. Soalnya, nggak lucu banget kalo kamu lagi sendirian di rumah malem-malem, eh tiba-tiba listriknya mati. Nah, giliran mau nelepon ternyata nggak ada nada sambungnya alias mati gara-gara belum dibayar. Duh, kelar nggak, tuh?

Siapkan senter/lilin di tempat yang gampang dijangkau
Sedia makanan sebelum lapar memang ada benarnya. Nah, sedia senter atau lilin sebelum listrik mati mungkin ada gunanya. Yak, walaupun udah dibayar, yang namanya listrik emang bsia tiba-tiba mati gitu aja. Entah ada gangguan, perbaikan, atau mungkin lagi iseng. Nah, daripada panik teriak-teriak sendiri gara-gara gelap, mending senter / lilinnya ditaro di tempat yang gampang dijangkau aja.

Cari tahu tetangga mana yang nggak mudik
Di antara satu dua tiga tetangga yang mudik, pasti ada satu dua atau entah yang bertahan nggak pulang ke kampung halaman. Nah, kamu cari tau deh tuh tetangga yang mana aja yang available. Eits, bukan buat diajak nge-date ya, tapi buat minta tolong kalo tiba-tiba ada apa-apa yang nggak bisa kamu handle sendirian.

Jangan lupa pasang gembok tambahan
Nah, karena kamu bakal sendirian selama seminggu ke depan atau mungkin lebih, jangan lupa pasang gembok tambahan di pagar rumah, ya. Soalnya, kalo lagi di kamar dan serius banget nonton drama Korea, bukan nggak mungkin loh kamu nggak denger kalo tiba-tiba ada yang nyelonong masuk ke dalem rumah. Ya, emang cuma kurir sih, bukan maling. Tapi, tetep kaget juga, kan? Nah, makanya, digembok aja banyak-banyak. (mns)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com