foto sinjainfo
foto sinjainfo

Perbedaan Ujian Nasional SMA 2017 Ini Perlu Kamu Tahu

Ujian Nasional selalu jadi hal yang bikin pelajar tahun akhir jadi harap-harap cemas. Mulai dari persiapan belajar yang pasti menguras waktu tidur, bahkan perasaan resah dan gelisah karena takut nggak lulus pasti pernah dirasakan. Belum lagi, kalau cara pelaksanaannya juga berubah-ubah terus. Dari awalnya bisa dijalani tiga kali, ada kabar ujian nasional mau dihapus, tapi akhirnya nggak jadi. Jadi bingung, kan?

Setelah rencana menghapus ujian nasional ramai dibahas, ternyata ujian yang menentukan kelulusan ini masih harus kamu jalani tahun ini. Tapi, ujian nasional tahun 2017 nanti nggak sama dibandingkan sebelumnya. Biar nggak bingung, ada beberapa perbedaan yang mesti kamu ketahui sebelum hari penentuan tiba datang.

Nggak serempak
Kalau dulu Ujian Nasional dilakukan bersamaan dari Sabang sampai Merauke, di tahun 2017 UN nggak dilaksanakan serempak. Tujuannya adalah biar kamu yang sekolahnya belum punya cukup komputer bisa pinjam atau menumpang di sekolah lain. Soalnya, di tahun 2017 ini akan diberlakukan UNBK alias Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Beda soal
Takut soal bocor atau kunci jawaban beredar? Nggak perlu, kok! Dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer ini, soal yang didapat sama setiap siswa akan berbeda-beda. Soal buat kamu akan berbeda sama teman sekelas kamu. Jadi, peluang untuk bocor dan nyontek pun makin kecil.

Cuma empat mata pelajaran
Kalau sebelumnya ada 6 mata pelajaran yang diujikan, kali ini kamu hanya perlu mengerjakan 4 mata pelajaran. Nah, mata pelajaran utama yang akan akan diujikan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Selebihnya, akan ada satu mata pelajaran ciri khas sesuai dengan jurusan.

Bebas pilih mata pelajaran
Untuk satu mata pelajaran ciri khas itu, kamu boleh milih sendiri, loh! Jadi, bagi siswa SMA jurusan IPA, maka mata pelajaran yang diujikan yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Kimia, dan Fisika. Untuk siswa SMA jurusan IPS, pelajaran yang diujikan yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi. Untuk jurusan bahasa bisa memilih mata pelajaran sastra Indonesia, antropologi, atau bahasa asing.

Ada USBN
Cuma mengikuti empat mata pelajaran utama bukan berarti yang lain nggak perlu dipelajari. Masih ada Ujian Sekolah Berstandar Nasional buat mata pelajaran lain sesuai jurusan kamu. Jadi, nggak ada acara malas-malasan, ya!

Penting banget loh buat kamu update terus tentang Ujian Nasional. Soalnya, nggak jarang nilai kecil saat Ujian Nasional didapat karena kurang informasi. Yuk, pompa lagi semangatnya menuju Ujian Nasional! (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com