peralatan make up
foto pixabay

Peralatan Make Up Ini Nggak Boleh Dipinjamkan

Selain bikin cepet abis, minjemin peralatan make up ke orang lain juga nggak bagus buat kesehatan. Soalnya, penyakit orang yang kamu pinjemin bisa nular ke kamu gara-gara bakteri yang ketinggalan di peralatan make up yang abis dipinjem. Tapi, apa iya semua make up yang dipinjemin jadi tempat transit bakteri buat menularkan penyakit? Ternyata emang nggak semua peralatan make up bisa jadi tempat perpindahan bakteri.

Biasanya peralatan make up yang jadi tempat penularan penyakit itu yang langsung sentuhan sama kulit dan tangan. Dari semua peralatan make up itu, yang di bawah ini sebaiknya nggak usah kamu pinjemin ke orang lain.

Bedak
Yang namanya base make up pastilah dipake di seluruh bagian muka. Sampe ke sekitar mata, lubang hidung, dan juga mulut yang biasa jadi tempat berkumpulnya bakteri. Nah, daripada ketularan penyakit, mending jangan pernah minjemin bedak kamu ke orang lain. Atau, kalo emang terpaksa banget, pinjemin spons lain dan bukan spons yang biasa kamu pake buat mengaplikasikan bedaknya.

Mascara
Mascara yang kalo dipake harus dicelup-celup itu emang bisa banget jadi sarang bakteri. Soalnya, begitu kuasnya keluar, bakteri yang ada di udara bakal langsung berkumpul dan menempel di sana. Udah gitu, mata kamu lebih gampang infeksi lagi karena nggak punya lapisan pelindung kayak kulit. So, kalo emang kepepet banget harus minjemin atau mungkin minjem, coba pake kuas sekali pakai, ya.

Lip balm, lip liner, lipstick
Virus HSV-1 alias Herpes Simplex Virus gampang banget ditularin lewat bibir yang lagi luka. Entah nggak sengaja kegigit, emang udah luka, atau mungkin lagi sariawan, nggak ada yang tau kan kondisi bibir orang yang kamu pinjemin lipstick itu kayak apa? Pinjemin pake kuas? Eits, nggak jaminan juga loh virusnya nggak bakal nular…

Yang diambil pake tangan
Mulai dari lip balm, cream perawatan kulit, sampe foundation segala macem peralatan make yang yang dikemas dalam tabung dan diambil langsung pake tangan jelas bahaya buat dipinjemin. Ya, nggak usah muluk-muluk tangan orang lain itu kudisan atau gimana, sih. Nggak cuci tangan alias banyak bakterinya juga udah cukup buat bikin kamu ketularan penyakit. So, kalo mau pinjem-pinjeman, pastiin dulu kalo tangannya bebas kuman. Oke? (mns)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com