Foto freeimages
Foto freeimages

Penyebab Kantung Mata Yang Perlu Kamu Tahu

 

Walau bentuknya nggak bulet-bulet kayak jerawat, yang namanya kantung mata tetep aja bikin muka jadi nggak enak diliat. Yup, garis kehitaman yang melengkung dengan indahnya di bawah mata emang sukses bikin kamu keliatan kayak panda. Duh, lagian, kok bisa sih ada kantung mata di wajahmu yang indah?

Faktor genetik
Yup, kayak yang udah disebutin di artikel sebelumnya, genetik atau keturunan emang jadi faktor utama munculnya kantung mata. Lingkaran hitam yang ada di bawah mata ini biasanya lebih sering muncul di kamu-kamu yang berkulit gelap. Yak, penyebabnya, apalagi kalo bukan adanya kandungan melanin yang tinggi pada kulit.

Alergi
Selain keturunan, alergi juga bisa jadi penyebab munculnya kantung mata. Entah karena makanan, make up yang nggak cocok, serbuk bunga, atau yang lainnya. Nah, alergi ini bisa menimbulkan peradangan yang akhirnya memperbesar pembuluh nadi kecil di bawah mata. Terus, si pembuluh nadi yang bengkak tadi menekan kulit tipis di area mata dan bikin warnanya jadi keliatan jelas.

Perubahan hormon… PMS?
Selain anemia, ternyata menstruasi juga mempengaruhi hormon yang berhubungan sama wajah, loh. Yup, nggak cuma bengkak, kantung mata juga bisa muncul waktu kamu lagi menstruasi gini.

Gara-gara kurang vitamin
Walau suka dianggap nggak penting, kurang vitamin B, C, E, dan K bisa bikin kantung mata muncul, loh. Soalnya, yang namanya vitamin ternyata dibutuhin dalam kerja kelenjar adrenalin. Nah, waktu kelenjarnya kecapekan gara-gara stres, penyerapan vitamin yang berkurang bisa bikin wajah jadi keliatan bengkak dan kantung mata pun bermunculan.

Dan juga kurang tidur
Nah, ini nih yang biasanya jadi kambing hitam munculnya kantung mata! Yak, kurang tidur emang bisa bikin kulit lebih pucat dan tampang jadi nggak karuan. Terus, kantung mata yang tadinya cuma samar-samar jadi keliatan super jelas. So, jauh-jauh deh dari kurang tidur. (mns)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com