nyeri haid
foto pixabay

Nyeri Haid Begini Bisa Jadi Gejala Penyakit

Buat cewek yang lagi dapet alias menstruasi, rasa nyeri atau yang sering disebut dismenore pasti udah nggak kaget lagi. Biasanya, sebelum menstruasi dimulai dan beberapa hari pertama, rasa nyeri haid mulai datang dan bikin kamu lebih seneng guling-gulingan di tempat tidur.

Walaupun wajar, sebenernya nyeri haid bisa jadi tanda yang serius, loh. Apalagi kalau nyeri haid itu udah kasih tanda-tanda yang nggak biasa. Makanya, sebelum nyeri hadi bener-bener jadi tanda penyakit serius, ada baiknya kamu kenali dulu tanda-tanda berikut ini.

Semakin hari semakin sakit
Nyeri haid yang kamu rasakan di awal siklus itu wajar, kok. Apalagi, semakin hari rasa sakitnya berkurang. Tapi, kalau ternyata rasa nyeri haid semakin parah, bisa jadi kamu mengalami radang panggul atau Pelvic Inflammantory Disease. Radang ini menyerang bagian tuba fallopi, rahim, ovarium, dan juga leher rahim.

Sakit hanya pada satu titik
Pas lagi dapet, kira-kira bagian perut mana yang sakit? Kalau rasa sakitnya cuma di satu bagian dan nggak pindah-pindah, kemungkinan kamu bisa memiliki kista, Girls! Kista adalah semacam tumor lunak yang ada di bagian rahim.

Sebelum kamu freak out atau ketakutan, ada baiknya kenali dulu rasa sakitnya. Kalau udah tahu karakter nyeri menstruasi kamu, segera periksa ke dokter untuk penelitian lebih lanjut ya. Stay healthy, Girls! (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com