Banyak yang sediain beasiswa penuh untuk kuliah kamu
Banyak yang sediain beasiswa penuh untuk kuliah kamu

Mau Kuliah? Yuk, Cari Beasiswa Penuh

 

Habis Ujian Nasional nanti, kayaknya keren deh kalau kamu bilang dengan bangga ke orang tua bahwa kamu diterima kuliah di tempat favorit. Pasti, orang tua kamu akan terharu banget, ya! Nah, kebayang dong kalau kamu kasih info tambahan bahwa kamu dapat beasiswa penuh alias nggak perlu bayaran plus dapet uang makan dan kebutuhan lainnya? Mereka pasti akan langsung mencium kening kamu dan bilang “terima kasih”, kan?

Sebenernya, di Indonesia banyak kok beasiswa yang memberikan fasilitas penuh sehingga kamu nggak perlu mengeluarkan uang sedikit pun untuk kuliah. Untuk mempermudah, coba simak tiga macam beasiswa penuh yang biasanya bisa kamu dapatkan ini, yuk!

Beasiswa dari Instansi Pemerintah
Salah satu yang banyak banget ngasih beasiswa penuh adalah instansi pemerintah, lho! Salah satu yang paling diminati adalah beasiswa dari Kemendikbud, yakni Bidikmisi. Untuk tahu seluk beluk tentang Bidikmisi, kamu bisa langsung cek ke bidikmisi.dikti.go.id. Eh, tapi nggak cuma Kemendikbud aja yang punya program beasiswa. Coba deh, kamu bisa buka website resminya tiap instansi pemerintah, terus cari kolom yang menyebutkan “scholarship” atau beasiswa. Banyak banget!

Beasiswa Kemitraan
Kalau yang namanya beasiswa kemitraan tuh ada macem-macem. Misalnya, kamu disekolahkan di universitas atau institusi yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan kamu lakukan nantinya. Terus, ada juga sekolah-sekolah tinggi yang memang dibuat pemerintah untuk memenuhi kebutuhan akan orang-orang ahli. Beberapa di antaranya adalah Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN) dan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Selain dapat kuliah gratis, kamu juga bisa dapat uang saku pas kuliah, lho!

Beasiswa dari Daerah
Setiap daerah pasti punya kebijakan untuk pembangunan. Salah satunya ya dengan memberikan beasiswa kepada mereka yang akan kembali mewujudkan kemajuan bagi daerahnya. Nah, kalau kamu putra daerah yang punya niat begitu, coba untuk tanya beasiswa ke kantor Kemendikbud di daerah kamu, yuk! Biasanya, beasiswa daerah ini gratis dan akan memberikanmu tempat tinggal sekaligus uang saku, lho!

Beasiswa dari Perusahaan
Salah satu yang royal untuk memberikan beasiswa adalah perusahaan-perusahaan swasta, lho! Mereka nggak cuma membayarkan pendidikan kamu, tapi juga memberi dana untuk kebutuhan pendidikan lainnya seperti buku dan bahkan dana refreshing. Akan tetapi, kamu juga harus cari tahu apakah setelah lulus nanti kamu diwajibkan untuk bekerja di sana atau tidak, ya! Nah, untuk cari tahu tentang beasiswa perusahaan ini, coba langsung aja buka web resmi perusahaan yang kamu tuju, yuk!

Jangan lupa, setiap kali apply beasiswa, kamu harus lihat syarat dan ketentuannya agar lebih nyaman dan aman, ya! Yuk, semangat! (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com