foto nuga
foto nuga

Makanan Pedas Bikin Kamu Gampang Mimpi Buruk

Berhari-hari bangun dari tidur yang penuh dengan mimpi buruk pasti membuat kamu merasa lelah. Selain itu, kamu juga heran kenapa terus-menerus mimpi buruk. Padahal sama sekali nggak merasa stres dengan berbagai tugas sekolah karena sedang liburan. Kalau bukan karena pikiran, apa mungkin bunga-bunga tidur itu ada hubungannya dengan makanan?

Makanan jadi penyebab munculnya mimpi sangat mungkin terjadi, loh. Apalagi kalau makanan itu dikonsumsi sebelum tidur. Seperti kata penelitian di Journal of Psychophysiology, makanan pedas terbukti mampu mempengaruhi kondisi tidur. Seseorang yang mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur, biasanya sering terbangun malam hari dan mengalami mimpi buruk. Hal ini karena adanya peningkatan suhu tubuh yang disebabkan oleh cabai yang terdapat dalam makanan.

Karena suhu tubuh meningkat, dampaknya sudah pasti ke aktivitas otak yang jadi lebih aktif. Otak semakin aktif hingga masuk ke fase REM atau Rapid Eye Movement yang terjadi berulang-ulang. Karena siklus ini berulang terus selama tidur, dampaknya mimpi buruk jadi teman menyeramkan yang membuat kamu bangun di tengah malam. Jadi, mimpi buruk nggak selamanya ada hubungan dengan apa yang akan terjadi.

Makanya, kalau nggak pengen mimpi buruk di tengah malam, apalagi sampai berhari-hari, ada baiknya berhenti dulu makan makanan pedas. Terutama makan sebelum tidur. Dan, lebih baik lagi kalau kamu udah berhenti makan minimal empat jam sebelum tidur malam. (mns)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com