Makanan ini bisa bantu kamu tetap sehat di musim hujan (ilustrasi gregetan)
Makanan ini bisa bantu kamu tetap sehat di musim hujan (ilustrasi gregetan)

Makanan Ini Bikin Kamu Tetap Sehat di Musim Hujan

Udah berada di ujung bulan Desember dan siap-siap masuk awal tahun, cuaca makin kurang bersahabat aja karena hampir tiap hari hujan turun. Entah pagi pas mau jalan ke rumah teman, siang waktu pulang dari tempat les, eh kadang sore waktu mau latihan basket. Yah, mau gimana lagi karena memang udah waktunya mudah hujan. Dan, bulan Februari nanti biasanya curah hujan lagi tinggi-tingginya. Jadi, kamu nggak cuma menyiapkan payung kalau mau pergi, tapi juga menyiapkan badan biar tetap sehat dan nggak kena penyakit.

Biasa sih, gangguan kesehatan paling banyak kalo musim hujan begini ya influenza, batuk, pilek, demam, dan lain-lain. Nah, sebelum kamu kena serangan gangguan kesehatan itu, ada baiknya loh kamu konsumsi makanan yang bikin badan kamu lebih kuat dan lebih tahan. Makin banyak kamu konsumsi, harapannya sih tubuh kamu makin fit. Nih, coba kenali apa aja yang mesti kamu makan.

Tiram
Kamu yang suka makanan laut, udah pasti tahu kan tiram yang punya banyak kandungan seng buat ningkatin sel-sel darah putih untuk melawan bakteri. Seng bikin antibodi kamu tambah kuat dan hebat buat melawan infeksi.

Bawang putih
Hahhhhh, bawang putih? Yak, bener. Jangan salah, loh. Meski aroma bawang putih bikin kamu belalakin mata, tapi khasiat bumbu dapur ini top banget deh. Bawang putih bantu menangkal infeksi karena ada kandungan antiviral dan allicin ajoene. Kamu bisa kunyah langsung atau diparut dan disampur madu sama air hangat atau buat campuran jus.

Jeruk
Kalo yang ini sih enak. Apalagi yang manis-manis asem, gitu. Jeruk punya kandungan vitamin C yang bantu tubuh meningkatkan sel darah putih. Makin banyak sel darah putih, pertahanan tubuh ngelawan infeksi kain kuat. Jus jeruk atau lemon segelas aja sehari juga bikin kulit kamu jadi bercahaya, loh.

Wortel
Kalo dibikin jus, nggak semua orang suka. Tapi, dikukus atau direbus bisa jadi pilihan. Wortel punya antiinflamasi dan flavonoid tinggi buat jaga tubuh dari serangan virus dan bakteri.

Yoghurt
Kalo suka, langsung minum gitu aja yoghurtnya. Kalo mau yang lain, bisa dicampur sama jus atau smoothie. Rasanya agak asem-asem seger bisa kuatin antibodi kamu melawan virus. Yoghurt punya antioksidan dan bakteri sehat buat jaga kesehatan organ pencernaan kamu. (afs)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com