pejuang sks
foto blog.ruangguru

Lima Tips Ini Bikin Kamu Berhenti Jadi Pejuang SKS

Jadi pejuang SKS atau Sistem Kebut Semalam adalah hal yang kadang nggak bisa dihindari. Entah karena lupa mau ujian atau sibuk sama kegiatan lain, nggak ada pilihan lain demi bisa jawab ujian besok. Sesekali jadi pejuang SKS memang udah jadi suka-duka pelajar atau mahasiswa. Yang nggak bagus adalah ketika SKS jadi kebiasaan yang mendarah daging dan susah buat dipisahkan.

Walaupun terbukti jadi solusi terakhir yang cukup ampuh saat ujian, bukan berarti kamu harus tetap menjalani hidup sebagai pejuang SKS. Terbukti, SKS ini justru lebih banyak merugikan dibanding untungnya. Misalnya nilai pas-pasan, ngos-ngosan mengejar guru, mata panda, dan masih banyak lagi tuh kerugian yang kamu rasakan tiap belajar hanya di maam sebelum ujian. Nah, biar nggak terus-terusan rugi, coba kebiasaan-kebiasaan yang akan membantu kamu buat cepat penisun dari jabatan sebagai pejuang SKS, yuk!

Buat To Do List
Masalah utama pejuang SKS, biasanya adlaah karena mereka nggak ingat kalau ada ujian atau tugas. Setelah dikasih tahu di kelas, besoknya pasti langsung lupa dan baru ingat malam sebelumnya. Nah, kalau membuat to-do-list dan dipasang di tempat yang terlihat seperti halaman depan buku catatan atau tembok kamar pasti susah lupa, kan?

Pasang alarm
Punya to-do-list aja sebenarnya belum cukup. Kamu juga harus pasang alarm di handphone kalau-kalau pikunnya makin akut. Jangan cuma satu, kalau bisa pasang alarm setiap hari. Kalau perlu, bikin tiga alarm dalam satu hari agar hidup kamu terasa diteror sama tugas.

Cicil
Tiap kali mau ujian, tumpukan buku biasanya nggak akan terbaca kalau baru dipegang malam sebelumnya. Makanya, kamu harus biasa mencicil materi atau tugas-tugas, biar nggak harus dikerjakan dalam satu malam.

Tidur
Tidur adalah cara yang cukup efektif untuk bikin kamu pensiun jadi pejuang SKS. Tapi, bukan sembarang tidur apa lagi sampai berjam-jam, lho! Memiliki waktu tidur yang teratur akan membuat tubuh kamu terbiasa mengantuk pada jam-jam tertentu. Lama-lama, terbangun tengah malam akan sulit kamu lakukan dan ini membuat kamu jadi harus belajar di siang hari.

Pensiun jadi pejuang SKS memang susah, tapi bukan berarti nggak bisa. Selama ada niat, pasti selalu ada jalan. Semangat terus, ya! (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com