foto mindmix
foto mindmix

Lima Tips Biar Belajar Sistem Kebut Semalam Efektif

Meskipun jadi cara paling legendaris buat belajar, yang namanya sistem kebut semalam adalah hal yang paling nggak dianjurkan. Bukan cuma kurang efektif buat sebagian orang, perubahan pola tidur juga bisa mengganggu kesehatan kamu. Belum lagi kantung mata yang menggantung keesokan paginya. Duh, nggak banget, deh!

Punya banyak dampak buruk, sistem yang satu ini masih aja diminati apalagi buat mereka yang kepepet. Nggak ada jalan lain, daripada nggak bisa jawab ujian sama sekali, kan? Agar sistem kebut semalam kamu berhasil dengan risiko yang kecil, perhatikan hal-hal ini, yuk!

Persiapkan tidur
Sebelum terjun ke medan peperangan, penting banget untuk mempersiapkan diri dengan tidur sebentar. Anggap aja, kamu lagi menabung modal agar nanti malam bisa melek dengan lebih bertenaga. Jangan lupa, hindari melakukan sistem kebut semalam berturut-turut. Tidur itu penting, lho!

Makanan juga penting
Memilih makanan juga nggak kalah penting kalau ingin sukses melewati SKS (Sistem Kebut Semalam). Pilih makanan yang banyak mengandung protein seperti daging-dagingan. Kalau isinya cuma cemilan dan karbohidrat, semalaman kamu akan merasa lesu dan gampang ngantuk.

Nyalakan lampu
Ketika lampu padam, hormon melatonin yang akan memancing perasaan ngantuk muncul. Jangan harap bisa melek sampai pagi, belum tiga jam biasanya mata cuma menyala seperti lampu 5 watt. Agar tetap terjaga, pilihan cahaya warna biru dan duduk di kursi yang tegak dipercaya lebih ampuh menjaga kamu dari kantuk.

Buat rangkuman
Strategi belajar yang baik juga perlu agar agenda SKS kamu berjalan lancar. Dengan waktu yang singkat, kamu nggak bisa membaca beberapa buku dalam satu malam. Cara paling mudah adalah dengan membuat rangkuman. Selain membaca, menulis juga membuat materi lebih mudah diingat.

Perhatikan kata kunci
Nggak mungkin semua bisa dipelajari dalam satu malam. Oleh sebab itu, hindari membaca seluruh bagian buku. Temukan topik-topik penting dan kata kunci. Dengan begitu, belajar jadi lebih mudah.

Walau ada cara yang baik, SKS ini sebaiknya sih nggak sering-sering kamu lakukan. Tapi, kalau kepepet, sekali-sekali nggak masalah lah, ya! (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com