foto freeimages
foto freeimages

Lima Kebiasaan Ini yang Bikin Rambut Jadi Tipis

Punya rambut tebal dan hitam sering jadi impian banyak cewek. Apalagi kalau rambut itu lurus dan panjang yang jadi enak dipandang. Tapi, apa daya keinginan itu nggak pernah terwujud karena yang terjadi malah sebalikya. Pengen punya rambut tebel, yang kejadian malah rambut jadi tipis dan gampang rusak. Rambut yang sudah dirawat baik-baik kok jadinya malah nggak sesuai harapan, ya. Padahal, kamu nggak pernah pakai obat macam-macam yang berpotensi bikin rambut menipis dan rontok.

Rambut jadi tipis dan kemudian rontok memang jadi masalah banget buat kamu. Penyebabnya nggak selalu obat kimia atau perawatan yang salah. Jangan-jangan ada rambut jadi tipis itu awalnya dari kebiasaan yang nggak kamu sadari. Kebiasaan yang kamu anggap udah bener, ternyata bikin rambut malah nggak sesuai harapan. Makanya, nggak ada salahnya kamu cek lagi karena kebiasaan di bawah ini bikin rambut jadi tipis dan mudah rontok.

Keseringan pakai alat elektronik

hair dryer

Karena pengen simpel cepat kering habis keramas, kamu nggak bisa lepas dari hair dryer. Nah, hawa panas dari pengering rambut ini yang bikin kulit ari di kepala rusak. Sumber panas nggak hanya hair dryer, tapi juga curly iron dan flat iron. Kalau sering kena hawa panas ini, minyak di kepala jadi nggak seimbang lagi dan lama-lama rambut kamu kusan terus menipis.

Keseringan mengikat rambut

mengikat rambut

Alasannya sih kamu biar simpel dan nggak ribet dengan urusan rambut kalau lagi banyak acara. Mau gimana lagi, ya sudah diikat aja tuh rambut. Tapi, sering kali kamu nggak sadar ikatan rambut itu kenceng banget sampe rambut kayak ketarik dari kulit kepala. Kondisi begini bikin folikel rambut lemah dan susat untuk tumbuh rambut baru. Makanya kalau ngikat rambut jangan terlalu kencang dan jangan terlalu sering.

Keramas pakai air panas

keramas air panas

Yang ini hampir sama dengan hawa panas yang disebabkan oleh alat elektronik. Kermas pakai air panas sih boleh saja asal jangan sering-sering. Air panas itu bikin kadar minyak di rambut berkurang dan merusak pori-pori kulit kepala. Jadi, kalau cuaca lagi hujan dan kamu khawatir sakit kalau keramas pakai air dingin, sebaiknya air hangat itu dibiarkan dulu sampe bener-bener nggak terasa lagi hawa panasnya. Yah, kalau mau pakai air dingin pas lebih baik.

Suka garuk-garuk kepala

garuk-garuk rambut

Garuk-garuk kepala sih memang enak, apalagi waktu ada rasa-rasa gatal, gitu. Tapi, keseringan garuk kepala ternyata nggak bagus buat kulit kepala dan bikin rambut mudah rontok. Apalagi kalau garuknya kelewat kencang. Kalau kepala gatal, sebaiknya keramas pakai shampoo yang cocok buat hilangkan gatal.

Rambut basah sudah disisir

rambut basah

Kalau rambut kamu masih basah, jangan paksa untuk disisir karena kondisi rambut sedang lemah dan mudah rontok. Nah, rontoknya rambut ini diikuti rusaknya sebagian pori-pori kulit kepala yang bikin rambut susah tumbuh lagi. Rambut yang basah sebaiknya dikeringkan pakai handuk pelan-pelan atau dibiarkan dulu sebentar.

Nah, dari kebiasaan ini jangan-jangan ada yang kamu lakukan. (afs)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com