foto arwini
foto arwini

Kenapa Ya Jatuh Cinta Bikin Susah Tidur?

Tiap kali merasakan jatuh cinta sama gebetan, apa sih gejala yang paling sering kamu rasakan? Deg-degan pas dekat sama dia? Seolah-olah melihat dia lewat di depan kelas padahal nggak? Yang pasti macam-macam rasanya ketika jatuh cinta, ya! Satu hal yang paling umum, biasanya kamu susah tidur kalau lagi suka sama seseorang.

Susah tidur waktu sednag jatuh cinta tentu bukan karena insomnia atau kebanyakan minum kopi. Ternyata, ada hubungan yang kuat loh antara perasaan suka yang kamu rasakan dengan tidur yang makin susah. Meski sudah berusaha keras, mata susah banget dipejamkan. Tanpa sadar, kamu baru bisa terlelap menjelang pagi.

Hubungan jatuh cinta dan susah tidur diungkap oleh penelitian dari University of Basel, Swiss. Dikutip dari Elite Daily, dibandingkan pasangannya yang nggak suka-suka banget, mereka yang jatuh cinta mengalami pengurangan durasi tidur minimal satu jam sehari. Hal ini terjadi karena hormon dopamin yang aktif ketika kamu lagi jatuh cinta meningkat.

Karena hormon dopamine ini meningkat, ternyata hormon-hormon yang lain juga nggak maukalah. Karena hampir semua hormon di tubuh kamu meningkat bersama-sama, mood kamu jadi meledak-ledak kayak kembang api di tahun baru. Nah, kondisi ini yang bikin tubuh dan pikiran kamu nggak bisa didiamkan karena terus berpikir seseorang yang kamu suka.

Satu lagi yang bisa jadi alasan kamu jadi susah tidur, bisa jadi karena kenyataan sedang terjadi terasa lebih indah dibandingkan mimpi. Di alam mimpi, belum tentu juga kan kamu bisa merasakan perasaan yang sama, bukan? (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com