foto shutterstock
foto shutterstock

Kebiasaan Asik Ini Bikin Kamu Gampang Capek, Loh

Saat temen-temen kamu bersemangat banget buat main atau les setelah pulang sekolah, dalam pikiran kamu cuma terbayang kasur dan guling kesayangan. Pengen sih pergi, tapi seketika keinginan itu buyar. Penyebabnya, apalagi kalau bukan rasa capek banget? Lebih-lebih lagi kalo tempat tidur yang empuh rasanya udah manggil-manggil dari tadi.

Eits, kalau kamu capek habis lari-lari di sekolah sih nggak jadi masalah. Tapi, kalau nggak melakukan apa-apa dan tetap gampang capek, pasti ada sebabnya. Orang capek setelah ikut kegiatan ini dan itu sih wajar. Tapi, kalo cuma diem terus gampang capek, bisa jadi gara-gara kebiasaan yang sering kamu lakukan ini jadi penyebabnya. Coba inget-inget lagi karena kebiasaan yang asik dan bikin kamu anteng ini yang bikin gampang capek.

Ngemil keripik
Kamu dan keripik kentang rasanya udah terlalu deket sampai susah banget dipisahkan. Nggak ada deh satu hari pun kamu lewatkan tanpa ngemil makanan yang super enak ini. Pantas aja jadi gampang capek, ternyata keripik kentang mengandung gliserin yang tinggi sehingga bikin gula darah kamu naik, loh! Pas baru makan sih bertenaga, tapi dua jam kemudian kamu akan mulai merasa ngantuk dan capek berat.

Nggak kena matahari
Seharian di rumah itu udah paling enak. Nggak keluar ongkos ojek online, nggak keluar uang buat jajan, dan yang pasti nggak kepanasan. Sayang, kamu juga suka lupa kalau vitamin D dari matahari juga nggak kalah penting. Jadi, usahakan jalan dan terkena matahari satu atau dua jam seharinya, ya!

Air, air, air!
Kayaknya nggak perlu dijelasin lagi kalau air itu penting, ya! Kalau kamu lupa minum air putih yang banyak, darah yang ada di tubuh akan jadi mengental. Saat itulah jantung jadi berusaha lebih kuat buat memompa darah biar sampai di seluruh bagian tubuh. Makanya, nggak melakukan apa-apa aja, kamu bisa merasa capek bahkan ngos-ngosan.

Makan tengah malam
Siapa sih yang bisa melawan godaan isi kulkas di tengah malam? Walaupun enak di perut dan rasanya tidur akan lebih pulas, kebiasaan asik ini justru akan bikin kamu lebih capek. Soalnya, secara biologis, tubuh kamu baru tidur kalau semua makanannya udah selesai dicerna. Jadi, sama aja kayak kurang tidur, kan?

Chat gebetan sampai tengah malam
Simpan ketawa-ketawa lucu dan tersipu malu kamu buat besok aja, yuk! Walaupun bikin hati adem, besok kamu akan terlihat seperti zombie kalau terus-terusan lihat layar handphone sampai tengah malam. Nah, akibatnya jam tidur berkurang dan nggak heran kalo kamu jadi gampang capek. Percaya, deh! (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com