tidur di kamar gelap

Kamar Gelap Bantu Kamu Turunkan Berat Badan

Bertahun-tahun hidup di dunia, setiap orang pasti punya kebiasaan tidur masing-masing. Ada yang harus menyalakan lampu sepanjang malam, atau mungkin harus tidur di kamar gelap. Nah, kamu yang suka tidur dengan lampu menyala, pasti merasa kurang nyaman kalau tiba-tiba gelap-gelapan. Padahal, mematikan lampu dan tidur di kamar gelap punya keuntungan tersendiri, loh. Terutama, untuk kamu yang sedang dalam masa diet.

Seperti dikutip dari Journal of Pineal Research, tidur di kamar gelap terbukti efektif bantu kamu menurunkan berat badan. Soalnya, keadaan gelap membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon melatonin. Nah, hormon melatonin ini bantu tubuh memproduksi jenis khusus dari lemak pembakar kalori atau biasa disebut dengan lemak cokelat. Semakin banyak lemak cokelat yang dihasilkan, makin banyak juga kalori yang dibakar sehingga berat badan berkurang.

Tapi, ingat, untuk membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon melatonin, kamu harus tidur di kamar gelap yang benar-genar gelap atau gulita. Sebisa mungkin jangan sampe ada cahaya karena akan berpengaruh sama kualitas hormon melatonin. Hormon ini sangat sensitif sama cahaya. Begitu juga pas bangun tidur, kamu nggak boleh langsung nyalakan lampu.

Menyalakan lampu tepat setelah bangun tidur malah membuat produksi hormon melatonin terganggu. So, kalau memang berniat menurunkan badan dengan memanfaatkan lemak cokelat yang diproduksi hormon melatonin, pastikan nggak ada cahaya sedikit pun di kamar kamu, ya. Lagi pula tidur di kamar gelap itu bisa bikin kamu lebih rileks ketika bangun. (mns)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com