foto freeimages
foto freeimages

Kalau Siklus Mens Begini, Saatnya Tanya Dokter

Seberapa takut sih kamu ngobrolin soal siklus menstruasi sama orang di sekitar kamu? Kalau ditebak, pasti agak segan-segan gimana gitu, ya! Apalagi buat datang ke dokter kulit dan kelamin atau dokter kandungan. Pasti mikirnya ngapain datang ke dokter kandungan? Khawatir juga kalo nanti ada yang salah artikan kedatangan kamu, kan.

Nah, ngobrolin soal menstruasi, alat kelamin, sama seks memang agak tabu di Indonesia. Apalagi buat datang ke dokter untuk tanya masalah tubuh. Eits, tapi bukan berarti kamu bisa diam terus kalau ada sesuatu yang nggak normal kayak biasanya. Salah satunya soal siklus menstruasi ini. Apalagi ini ada hubungannya sama tubuh dan kesehatan kamu. Jadi, pas siklus menstruasi kamu sudah menunjukkan tanda aneh kayak gini, mending jangan pikir dua kali untuk ke dokter, ya!

Pendarahan
Ganti tiga pembalut sehari karena kepenuhan itu nggak masalah, kok.Tapi, kalau lebih dari itu, namanya udah pendarahan. Mungkin, kamu akan membiarkan hal itu gitu aja, tapi siap-siap aja untuk menghadapi masalah kesehatan kayak anemia, ya! Jadi, kalau kamu peduli sama tubuh, jangan ragu ke dokter kalau siklus mens udah bikin kamu ganti pembalut sampai lebih dari tiga kali.

Sebulan dua kali nggak normal
Pas pelajaran Biologi, pasti kamu udah dikasih tahu kan kalau siklus menstruasi akan datang setiap 28 hari sekali? Well, kalau lebih dan telat 3 hari sampai seminggu tapi cuma sesekali gak apa-apa, kok. Masalahnya, kamu udah telat tiap bulan atau justru keseringan dan menstruasi tiap dua minggu sekali. Segera konsultasi, yuk!

Sakit berlebih
Sakit pas dapet itu udah biasa. Yang nggak biasa itu, kalau kamu sampai merasa penglihatan kabur bahkan pingsan. Nah, kalau udah merasa kayak gini, udah nggak ada alasan untuk diam-diam aja, ya! Soalnya, bisa jadi sakit ketika menstruasi adalah tanda awal munculnya masalah di rahim. Lagi pula, emang kuat nahan sakit terus?

Respek sama diri sendiri penting banget, lho! Soalnya, orang lain nggak akan bisa merasakan sakit kayak yang kamu rasain. Jadi, ketika tubuhmu udah ngasih sinyal-sinyal nggak beres, langsung konsultasi ke dokter aja, ya! (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com