Teenage Friends Walking Together

Ini Manfaat Menstruasi Buat Kesehatan Tubuh

Buat kamu yang udah puber pasti nggak asing lagi sama tamu bulanan yang datang tanpa undangan. Yup, tamu yang namanya menstruasi itu kadang diikuti sama sakit perut, perasaan nggak nyaman alias bad mood, gampang tersinggung dan suka marah, dan sebagainya. Meski nggak jarang menyiksa dan bikin nggak enak hari-hari kamu, ternyata manfaat menstruasi cukup banyak.

Seperti kata Cheryl Pagel, dokter dari Banner Good Samaritan Medical Center, salah satu manfaat menstruasi itu bisa jadi tanda tentang kesehatan kamu. Cewek yang menstruasinya teratur berarti tubuhnya sehat. Soalnya, tubuh kamu berada dalam kondisi stabil dan sinkron. Artinya metabolisme tubuh kamu berjalan seperti seharusnya dan nggak ada bagian tubuh yang mengalami sakit.

Selain itu, manfaat menstruasi lain yang perlu kamu tahu ternyata ada hubungannya dengan berat badan. Datang bulan yang teratur itu jadi cara tubuh untuk membuat berat badan kamu serimbang sama kesehatan. Makanya, kamu dianggap nggak terlalu kurus dan nggak terlalu gemuk. Soalnya, kalo sampai berat badan kamu kelebihan alias overwieght atau kekurangan alias underweight, menstruasi biasanya nggak lancar.

Nah, menstruasi yang dateng tiap bulan itu bisa bantu kamu melepas bakteri dari sistem reproduksi. Terus, bisa juga loh menghilangkan kelebihan zat besi yang membantu menurunkan risiko kena penyakit alzheimer, jantung, dan stroke. Bahkan, gara-gara zat besi berlebih yang hilang itu, banyak penelitian yang menunjukkan kalau umur wanita cenderung lebih panjang daripada laki-laki.

So, walaupun PMS rasanya nggak enak banget, pas menstruasinya udah kelar, kamu pasti bakal ngerasa lebih baik dan sehat. Soalnya, yang negatif-negatif kan udah dikeluarin dari badan kamu. Eits, yang menyangkut kesehatan tubuh loh ya, bukan kesehatan hati. (mns)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com