kekerasan verbal
foto fourlook

Ini Empat Tanda Kekerasan Verbal dalam Pacaran

Yang namanya kekerasan dalam pacaran memang nggak hanya sebatas fisik aja. Selain fisik kayak main tangan, ada juga yang namanya kekerasan verbal dan mental. Nggak jauh beda sama kekerasan mental, kekerasan verbal sering kamu alami tapi kamu nggak merasakan atau sengaja nggak merasakan. Padahal kekerasan verbal dalam pacaran itu udah jadi tanda-tanda nggak baik buat hubungan kalian.

Biar kamu nggak terus-terusan jadi korban kekerasan verbal, ada baiknya kamu kenali empat tanda kekerasan verbal dalam pacaran yang mesti kamu hindari.

Pura-pura kasih kritik membangun, padahal….
Kritik yang membangun pasti untuk kebaikan kamu. Tapi, kalau hanya pura-pura, tujuan sebenarnya ingin menjatuhkan rasa percaya diri kamu melalui berbagai komentar pedas. Gara-gara dikritik terus-terusan, akhirnya kamu menyerah dan mengiyakan segala kritikannya padahal sama sekali nggak benar.

Play victim!
Pacar membuat kesalahan terus kamu ingatkan? Ya, biasa-biasa aja, dong. Masalahnya, kalau dia nggak terima dan malah memutarbalikkan fakta. Kesannya, dia yang merasa disalahkan dan jadi korban alias play victim! Terus, mulai menyerang kamu dengan berbagai kata-kata kasar sampe menyebut semua isi kebun binatang.

Nggak mau mengalah
Masih berhubungan sama yang tadi, kamu yang nggak terima dengan sikapnya yang play victim akhirnya balik melawan dengan argumen yang nggak ngasal. Tapi, memang dasar nggak mau kalah, si pacar malah lebih marah-marah nggak jelas dan nggak ada hubungannya dengan masalah yang ada. Tujuannya, dua, ingin mengeluarkan kata-kata kasar sampai puas dan mebuat kamu sakit hati.

Tarik ulur nggak jelas
Tapi, begitu kamu mulai mengeluarkan tanda-tanda akan menangis karena sakit hati dengan ucapannya. Langsung pacar meralat, “Duh, maaf ya, bercanda, kok,”. Padahal, padahal nih, kamu paham banget kalau semua ucapannya dari tadi memang benar-benar keluar dari lubuk hati yang paling dalam.

Duh, gemas banget nggak sih kalau punya pacar seperti ini? So, supaya kamu nggak jadi korban kekerasan verbal secara nggak sadar, kenali tanda-tanda di atas dan pintar-pintar memahami situasi, ya. Pokoknya, jangan sampai kamu dipermainkan oleh kata-katanya! (mns)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com