binge watching
foto theodysseyonline

Ini Efek Binge Watching yang Perlu Kamu Tahu

Judul demi judul serial drama Korea datang dan pergi setiap bulan. Baru aja kemarin baper karena Shopaholic King Louie dan dibikin deg-deg-an sama The K2, minggu kemarin dua-duanya udah sampai di episode terakhir. Kalau soal nonton, penggemar serial drama Korea biasanya terbagi jadi dua tipe. Pertama, mereka yang selalu update dan nggak mau ketinggalan. Setiap episode yang naik, langsung ditonton saat itu juga. Nah, ada juga yang gemes kalau keseruan dipotong-potong. Jadi, saat episodenya udah tayang semua, baru binge watching satu judul penuh.

Binge watching atau nonton beberapa episode dalam satu waktu, kadang memang menyenangkan terutama buat mengisi malam Minggu yang nggak ke mana-mana. Dalam satu hari, belasan episode kamu lalap dengan bahagia. Tapi, tahu nggak apa yang terjadi pada tubuh kamu saat melakukan binge-watching?

Metabolisme jadi lambat
Steven Blair, seorang epidemiolog menemukan kalau ketika menonton dalam waktu yang lama sambil duduk bisa menyebabkan metabolisme tubuh kamu jadi lambat. Soalnya, saat itu, kamu membiarkan otot pada kaki dan punggung diam dalam waktu yang cukup lama, lho!

Mengundang penyakit
Kebiasaan duduk sambil binge-watching bukan cuma bikin metabolisme jadi lebih lambat. Menurut penelitian di Journal of The American Heart Association, hal itu juga dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan juga kanker, lho! Jadi, kalau mau nonton, pastikan kamu sesekali berdiri atau meregangkan otot, ya!

Nambah berat badan
Ketika metaboilsme kamu melambat, tubuh jadi lebih lama dalam mencerna makanan. Nggak heran, berat badan akan makin bertambah, deh! Ada lagi, nih, kamu juga bisa mengalami masalah pencernaan lainnya.

Mata bermasalah
Berjam-jam di depan layar laptop atau televisi akan membuat mata kamu jadi lelah. Semakin lama, kemampuan kamu untuk melihat dengan lebih fokus akan berkurang. Nah, kalau lama-lama dibiarkan akan menimbukan sakit kepala atau iritasi mata karena jarang berkedip.

Susah tidur
Menghabiskan 16-20 episode sekali nonton, udah pasti bikin jadwal tidur kamu jadi terganggu. Nggak bisa dipungkiri, binge watching kayak gitu akan mengubah jadwal tidur alami dan membuat tidur jadi lebih susah. Ditambah lagi, blue light yang berasal dari layar membuat tubuh jadi susah untuk terlelap.

Nonton serial drama Korea boleh-boleh aja buat hiburan. Tapi, disiplin sama waktu itu perlu. Sama halnya kayak tugas, drama Korea nggak perlu ditonton semuanya sekaligus. Dicicil aja sedikit-sedikit, ya! (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com