foto youtube
foto youtube

Ini Cara Cepat Mengusir Rasa Pedas di Lidah

Makanan pedas, apa pun bentuknya selalu meninggalkan sensasi sendiri buat kamu dan teman-teman. Apalagi kalau pedasnya itu pakai level-levelan segala. Entah itu makan keripik semacam keripik balado, hidangan super pedas kayak nasi tempong, atau ayam betutu khas Bali dan ayam Taliwang yang bikin lidah terus bergoyang. Selain bikin keringat bercucuran, makanan pedas juga bikin adrenalin kamu menyala lebih terang.

Masalahnya, habis nyantap makanan pedas itu lidah kadang serasa terbakar dan panasnya minta ampun. Nah, biar lidah nggak terus-terusan kayak terbakar, banyak cara mengusir rasa pedas yang terlanjut melekat di lidah. Awalnya kamu kira air putih bisa mengusir rasa pedas, tapi ternyata nggak berefek apa-apa. Biar nggak penasaran, kamu boleh coba yang ini untuk mengusir rasa pedas yang membakar lidah.

Roti atau buskuit
Siapa sangka kalau roti dan biskuit mampu mengusir rasa pedas dari lidah. Rasa pedas yang tersisa di lidah itu karena minyak yang udah tercampur dengan cabai. Nah, bahan yang terkandung di roti dan biskuit mampu menyerap minyak dan mengusir rasa pedas dari lidah.

Secangkir susu
Selain bagus buat kesehatan, susu mampu mengusir rasa pedas dalam waktu singkat karena mengandung kasein. Kalau pedas sudah kelewatan membakar lidah, ambil secangkir susu, diamkan sebentar di mulut lalu telan. Dijamin, rasa pedas segera berakhir.

Pakai lemon, jeruk atau asam
Sebenanrya ini kombinasi yang bagus waktu kamu makan. Setelah makan masakan yang pedas, kamu boleh ambil jeruk. Bisa langsung dimakan atau diperas buat minuman. Tapi, yang bagus sih jeruk atau lemon itu kamu kunyah-kunyah sebentar. Kalau nggak ada lemon dan jeruk, boleh dicoba juga sedikit asam atau air perasan asam.

Yogurt
Karena dibuat dari turunan susu, yogurt punya khasiat mengusir rasa pedas di lidah dengan cepat. Tapi, cara kerjanya beda sama susu yang punya kasein. Yogurt akan menurunkan suhu tubuh kamu yang terlanjut panas setelah makan makanan pedas.

Empat bahan yang mudah kamu temukan di rumah ini terbukti ampuh mengusir pedas dengan cepat. Jadi, kalau lidah terasa terbakar, hindari dulu minum air putih dan pilih satu di antara empat makanan di atas, ya. (afs)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com