Tag Archives: Kuliah

Mau Tau Gimana Sokhi Siap-siap Buat SNMPTN?

Sokhi yang pake kaos lengan pendek dapet piagam dari Kak Nugie (foto: dok. gregetan)

  Selain siap-siap buat UAN yang baunya udah mulai kenceng, kamu juga harus siap-siap menghadapi SNMPTN, loh! Yup, tes buat masuk ke perguruan tinggi yang bagai hidup dan mati itu emang perlu diseriusin. Nah, selain belajar sampe titik darah penghabisan, ada lagi yang bisa kamu lakukan. Yak, kayak Afsokhi Abdulloh, siswa kelas 12 SMK XXX Jakarta yang merelakan dirinya diwawancarai ...

Read More »

Yakinkan Ortu, Kamu Siap Kuliah di Luar Kota

Kampus Universitas Airlangga Surabaya

  Jadi, kamu mau kuliah di mana, nih? Dekat-dekat waktu penentuan gini, emang banyak banget ya yang kamu impikan. Salah satunya adalah untuk kuliah di universitas favoritmu. Udah banyak banget deh hal kamu lakukan untuk kuliah di sana, kemungkinan diterima pun udah besar dan meyakinkan. Tinggal satu, nih. Kira-kira, orang tua mengizinkan nggak ya aku kuliah merantau? Gimana sih caranya ...

Read More »

Mau Kuliah? Yuk, Cari Beasiswa Penuh

Banyak yang sediain beasiswa penuh untuk kuliah kamu

  Habis Ujian Nasional nanti, kayaknya keren deh kalau kamu bilang dengan bangga ke orang tua bahwa kamu diterima kuliah di tempat favorit. Pasti, orang tua kamu akan terharu banget, ya! Nah, kebayang dong kalau kamu kasih info tambahan bahwa kamu dapat beasiswa penuh alias nggak perlu bayaran plus dapet uang makan dan kebutuhan lainnya? Mereka pasti akan langsung mencium ...

Read More »

Biar Orangtua Setuju Ama Jurusan Pilihan Kamu

Orangtua perlu dikasih penjelasan soal jurusan yang kamu pilih

  Di tengah sibuk-sibuknya mempersiapkan kuliah, pasti kamu sudah terbayang untuk masuk ke jurusan atau universitas impian, deh. Apa lagi kalau lagi cerita-cerita sama temen atau sahabat, pasti ada rasa semangat yang bikin kamu jadi pengen belajar lebih giat untuk bisa diterima di jurusan itu. Sayangnya, kalaupun kamu diterima di jurusan itu, kayaknya orang tua nggak akan ngizinin, deh. Soalnya, ...

Read More »

Biar Kepercayaan Orangtua Nggak Hilang Gitu Aja

pulang-sekolah1

  Baru telat lima menit dari jam pulang sekolah, isi handphone kamu udah penuh sama miss call dan SMS yang nanyain kamu lagi di mana kok belum pulang juga. Padahal, kamu sama temen-temen udah janjian mau main-main lucu dulu di rumah salah satu temen sekolah. Duh, harus banget ya langsung pulang ke rumah? Kan aku udah gede, masak sih dilarang-larang ...

Read More »

Masuk Jurusan Itu, Beneran Sudah Yakin?

Salah satu kegiatan mahasiswa jurusan seni rupa dan desain

  “Nanti kuliahnya mau ambil jurusan apa?” “Seni, Om.” “Lho, mau jadi apa sekolah seni? Seniman? Emang seniman kerjanya apa?” “Ya, bikin karya seni, Om.” “Nggak kerja kantoran kalo gitu.” “Ya, iyalah. Masak seniman kerja kantoran.” Kamu udah pasti gondok kan kalo ada yang ngeremehin jurusan yang kamu pilih buat kuliah nanti. Apalagi kalo sampe dihubung-hubungin sama kerja kantoran segala. ...

Read More »

Mau kuliah, Pilih Kampus Apa Jurusan Dulu?

Suasana kampus ITB di Bandung

  Cita-cita kamu yang ngebet banget pengen jadi diplomat dan bisa tinggal di luar negeri bikin kamu ngebet banget pengen kuliah jurusan Hubungan Internasional. Sayangnya, udah bukan rahasia umum lagi kalau jurusan yang satu itu susah banget ditembus. Apalagi buat bisa ambil jurusan itu di universitas A yang favorit banget. Udah pasti saingan kamu banyak banget dan yang antri mau ...

Read More »

Kalo Merasa Salah Ambil Jurusan, Coba Lakuin Ini

foto gregetan/iqbal fardian

  Ketika mama atau ibu ngebet banget pengen kamu kuliah di cabang ilmu pasti, eh kamu malah ngebet masuk jurusan sosial. Kamu yang emang dasarnya udah terbiasa sama yang pasti-pasti, malah jadi bingung pas mau jelasin kuliah karena baru merasa nggak cocok. Nah, waktu perasaan begini  muncul, kok rasanya kamu nyesel salah pilih jurusan dan bingung mau gimana. Padahal, rasa-rasa ...

Read More »