Tag Archives: Kuliah

Telat Kuliah Itu Ada Manfaatnya Juga, Loh

foto gregetan

  Saat temen-temen udah daftar dan diterima kuliah sana-sini, kamu nggak ikut ribet ngurusin ini-itu dan jadi bagian dari mereka. Bisa jadi, hal itu karena biaya yang belum cukup atau kamu belum diterima di universitas/jurusan yang kamu pengen. Walaupun belum merasa hiruk-pikuknya antre di kampus pujaan, kamu tetap punya semangat untuk ada di sana. Jadi, kamu memutuskan untuk skip satu ...

Read More »

Mau Kuliah, Jangan Takut Milih Kampus Favorit

foto breitbart

  Dari puluhan anak perempuan di kelas kamu, ada berapa sih yang bener-bener pengen lanjutin kuliah ke perguruan tinggi? Mungkin semua ingin kuliah di kampus favorit. Tapi, ada juga yang masih pikir-pikir karena berbagai alasan. Bisa jadi karena biaya yang dianggap mahal sehingga harus menunda atau tidak kuliah sama sekali. Padahal kondisi seperti ini nggak mesti membuat kamu putus harapan. ...

Read More »

Milih Jurusan Nggak Harus Punya Bakat Dulu

foto istimewa

  “Hasil gambar kamu kayak begitu, kok berani banget ambil jurusan desain dan seni rupa?” Semakin dekat dengan ujian nasional dan kelulusan, makin sering saja obrolan kayak di atas yang kamu dengar. Topik jurusan yang mau dipilih, kampus favorit mana yang jadi tujuan dan mau jadi apa setelah kuliah makin sering didengar. Apalagi kalo kamu ngobrol rencana kuliah sama teman ...

Read More »

Ekskul Itu Bisa Bantu Kamu Masuk Kampus Favorit

Pencak silat Tapak Suci ini jadi salah satu ekskul di SMAN 1 Tangerang Selatan

  Dari jamannya mama kamu sekolah sampai sekarang, kegiatan ekstrakurikuler udah jadi ajang buat siswa menunjukkan bakat lain selain urusan pelajaran. Kalo kamu denger cerita ayah, ibu, tante, dan om dulu, jaman mereka sekolah sih cuma ada dua ekskul lho. Kalo nggak PMR ya udah pasti Pramuka. Nah, sekarang, ketika pilihan buat ekskul lebih banyak dan variatif, masak sih kamu ...

Read More »

Anak IPS Pilih Jurusan Teknik, Kenapa Nggak?

foto istimewa

  Dua tahun di jurusan IPS udah sukses bikin kamu hapal seluk beluk sejarah dunia. Tapi, waktu lagi liat-liat jurusan kampus, tiba-tiba aja kamu pengen jadi insinyur yang kerjaannya ngurusin listrik atau yang nggak jauh-jauh dari urusan komputer dan bikin program. Eh, tunggu deh, emang bisa ya anak IPS mau kuliah di jurusan teknik? Nggak cuma modal mau Yak, yang ...

Read More »

Udah Mau Lulus, Gimana Kalau Kuliah Jauhan, Ya?

Kuliah berjauhan bukah halangan untuk terus ngerawat cinta kalian via reportasekampus

  Wah udah mau bulan Desember aja ya. Berarti Ujian Nasional cuma tinggal beberapa bulan lagi. Acara gandengan kamu dari depan gerbang sampai ke kelas sama pacar berarti tinggal beberapa bulan, juga. Sedih? Kayak sih begitu. Kamu yang udah punya rencana pengen kuliah di Medan, eh dia malah pengen kuliah di Surabaya. Udah kebayang kamu di ujung Sumatera dan belahan ...

Read More »

Kalo Kamu Introvert, Ini Jurusan Yang Cocok

Workshop Microsoft dan Navcore Nextology untuk mahasiswa (foto dok. gregetan)

  Ujian makin dekat dan rencana kuliah udah di depan mata. Tapi, sampe sekarang kok masih bingung mau pilih jurusan apa. Yap, milih jurusan emang lebih sulit karena mesti dicocokin sama banyak hal. Selain kemampuan diri sendiri, yang nggak kalah penting juga minat dan semangat belajarnya. Salah milih jurusan nggak cuma bikin peluang sukses jadi makin kecil, tapi juga buang-buang ...

Read More »

Apa Sih Yang Penting Kalo Milih Kamar Kos?

foto dok. gregetan

  Milih kuliah jauh dari rumah bikin ngekos jadi satu-satunya pilihan terbaik. Selain karena bisa belajar hidup mandiri, ngekos juga akan bikin kamu jadi lebih konsen buat belajar. Secara, nggak ada yang akan ganggu kamu, kan? Karena kamar kosmu akan jadi rumah selama empat tahun ke depan, milihnya nggak boleh sembarangan, lho! Gimana-gimana, tempat kamar kos kamu sedikit banyak bisa ...

Read More »

Kuliah di Luar Negeri? Siapa Takut…

foto pixabay

  Punya rencana kuliah di luar negeri emang kedengeran keren banget di telinga. Yak, sementara yang lain bakal sibuk belajar buat SNMPTN, waktu kamu bakalan abis buat packing barang-barang yang mau di bawa ke sana. Eits, tapi, beneran udah yakin belum sama rencana kamu itu? Soalnya, penting loh mempertimbangkan hal-hal di bawah ini. Saingan super ketat Yang punya rencana kuliah ...

Read More »

Jangan Asal Pilih Jurusan Sebelum Kuliah

foto pixabay

  Yang namanya milih jurusan kuliah emang nggak kalah susah sama milih pacar. Selain kadang nggak cocok sama keinginan orang tua, kamu juga masih nggak yakin sama pilihan kamu sendiri. Yup, sebelum milih, emang ada loh hal-hal yang harus kamu pertimbangkan. Eh, emang apa aja, sih? Yang sesuai sama minat kamu Kuliah sesuai minat itu penting banget, loh! Soalnya, kalo ...

Read More »