Tag Archives: Belajar

Tujuh Cara Pakai Doodle Untuk Bantu Belajar Kamu

foto mindsinbloom

Bikin doodle tentang materi pelajaran bukan cuma jadi cara belajar yang menyenangkan, tetapi juga efektif. Nggak percaya? Menurut sebuah penelitian di tahun 2009, ternyata doodling saat mempelajari sesuatu bisa bikin daya ingat kamu jadi lebih tajam, loh! Biar catatan yang merangkap doodle kamu ini tetap efektif, bukan berarti kamu bisa gambar asal-asalan, misalnya muka gebetan. Ada hal-hal penting yang sebaiknya ...

Read More »

Belajar Sambil Doodling Ternyata Lebih Efektif, Loh

doodle

Dibandingkan punya teman, catatan pelajaran kamu mungkin nggak ada rapi-rapinya. Bukan tulisan yang lengkap, rapi, dan berderet seperti punya teman. Buku catatan kamu justru penuh dengan bentuk-bentuk, gambar, panah, dan juga garis-garis. Setiap kali pelajaran, memang itulah hal yang kamu lakukan: doodling. Bukannya menuliskan setiap kata, gambar doodle inilah yang jadi catatan buat kamu. Banyak yang bilang kalau terlalu sibuk ...

Read More »

Tips Memilih Genre Musik Buat Jadi Teman Belajar

foto corbis

Yang namanya belajar memang paling asik kalo sambil mendengarkan musik. Selain belajarnya nggak cepet bosen, nada-nada bunyi dan lagu yang tepat juga bisa bikin kamu tambah semangat. Menurut psikolog Dr. Emma Gray, mendengarkan genre musik yang tepat ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak dalam belajar. Makanya, nggak sembarang musik bisa jadi teman belajar kamu. Salah memilih jenis musiknya bukannya konsentrasi belajar ...

Read More »

Lima Tips Biar Belajar Sistem Kebut Semalam Efektif

foto mindmix

Meskipun jadi cara paling legendaris buat belajar, yang namanya sistem kebut semalam adalah hal yang paling nggak dianjurkan. Bukan cuma kurang efektif buat sebagian orang, perubahan pola tidur juga bisa mengganggu kesehatan kamu. Belum lagi kantung mata yang menggantung keesokan paginya. Duh, nggak banget, deh! Punya banyak dampak buruk, sistem yang satu ini masih aja diminati apalagi buat mereka yang ...

Read More »

Bangkitkan Semangat Belajar Dengan Empat Cara Ini

semangat belajar

Berbeda dengan belajar biasa, belajar dalam rangka menghadapi ujian memang membutuhkan semangat belajar ekstra. Soalnya, kamu harus berusaha untuk mengingat materi pelajaran selama satu semester atau mungkin sampai tiga tahun terakhir. So, demi mempertahankan keinginan untuk belajar, kamu pasti membutuhkan sesuatu yang bisa menambah semangat seperti hal-hal kecil yang di bawah ini. Alat tulis super kece Mulai dari pensil, pulpen, ...

Read More »

Empat Langkah Praktis Merapikan Meja Belajar

merapikan meja belajar

Selain musim hujan, musim ujian juga nggak kalah membuat kamu jadi ingin bermalas-malasan. Apalagi, kalau meja belajarnya berantakan nggak karuan. Melihatnya aja udah nggak minat, apalagi mau duduk di depannya. Meja belajar berantakan sering bikin kamu malas dan nggak punya semangat untuk menyelesaikan tugas sekolah. Meski besok pagi harus dikumpulkan, rasanya tetep aja malas gara-gara meja belajar yang nggak enak ...

Read More »

Belajar Sistem Kebut Semalam Bikin Cepat Gemuk

belajar sistem kebut semalam

Untuk ujian besok, kamu udah mempersiapkan segalanya dengan baik. Bukan udah belajar atau udah paham soal pelajarannya, tapi deretan buku dan bergelas-gelas kopi udah berjejer rapi di meja kamu. Seperti malam-malam sebelumnya, kamu udah siap menghabiskan semua materi pelajaran dengan sistem kebut semalam. Memang ada yang nggak punya masalah sama nilai meskipun hobi gaya belajar sistem kebut semalam. Tapi, masalah ...

Read More »

Tips Ringan Ini Bikin Kamu Kembali Fokus di Kelas

tips kembali fokus di kelas

Pernah nggak sih kamu melamun saat mengikuti pelajaran? Pasti sering, ya! Setelah berjam-jam duduk dan mengikuti pelajaran, ada kalanya kamu mulai lelah dan nggak fokus. Sementara tubuh kamu lagi duduk berpangku tangan di kelas, pikiran kamu mungkin lagi asik jalan-jalan di luar sana. Entah lagi mikiran tugas yang belum selesai atau bayangin gebetan yang lagi asik jalan-jalan sama teman satu ...

Read More »

Meja Belajar yang Rapi Bantu Kamu Kerjakan Tugas

meja belajar

Tumpukan tugas di meja belajar sama sekali belum sempat kamu pegang. Jangankan dipegang atau diselesaikan, dilihat aja biasanya sudah bikin malas dan nggak semangat. Padahal, semakin ditunda, tugas kamu makin menumpuk dan bikin kamu makin merasa berat dan ujung-ujungnya nggak dikerjakan. Kalau pun terpaksa dikerjakan, akhinya kamu ngerjakan seadanya asal nggak kena marah guru atau nilai pekerjaan rumah kamu nggak ...

Read More »

Lima Tips Ini Bikin Kamu Berhenti Jadi Pejuang SKS

pejuang sks

Jadi pejuang SKS atau Sistem Kebut Semalam adalah hal yang kadang nggak bisa dihindari. Entah karena lupa mau ujian atau sibuk sama kegiatan lain, nggak ada pilihan lain demi bisa jawab ujian besok. Sesekali jadi pejuang SKS memang udah jadi suka-duka pelajar atau mahasiswa. Yang nggak bagus adalah ketika SKS jadi kebiasaan yang mendarah daging dan susah buat dipisahkan. Walaupun ...

Read More »