kekerasan seksual
foto huffingtonpost

Fakta Kekerasan Seksual Ini Yang Harus Kamu Tahu

Nggak bisa lagi menutup mata, kekerasan seksual udah jadi bahaya yang dekat sama kehidupan remaja. Dari tiga jenis kekerasan umum yang terjadi, ternyata kekerasan seksual yang paling banyak terjadi belakangan ini. Walaupun jenis kekerasan yang satu ini agak jarang dibahas, ternyata udah jadi sesuatu yang serius. Kadang, bentuknya nggak cuma berupa perkosaan, tapi bisa dimulai dengan sentuhan atau perlakuan tanpa izin atau diluar kesadaran.

Dari kekerasan seksual yang sudah terjadi, sebagian korbannya nggak cuma cewek, tapi juga cowok, loh! Nah, biar kamu sadar bahayanya dan lebih hati-hati, ini loh fakta tentang kekerasan seksual yang perlu kamu tahu.

Berakibat buruk buat mental
Kerugian yang dialami seseorang jika mengalami kekerasan seksual nggak cuma fisik, tapi juga mentalnya. Nyatanya, empat dari lima korban kekerasan seksual pada akhirnya mengalami masalah psikologis seperti PTSD atau serangan kecemasan.

Terulang lagi
Banyak banget remaja yang nggak sadar bahwa hal yang dialaminya adalah kekerasan seksual. Menurut data penelitian, 35% dari mereka yang pernah mengalami cenderung menghadapi kejadian yang sama lagi. Makanya, penting untuk kamu mengenali tanda-tandanya sejak dini.

Nggak akan bilang siapa-siapa
Ketika terjadi kekerasan seksual, nggak jarang korban justru akan disalahkan. Makanya, banyak korban yang nggak berani cerita. Padahal, penting banget buat kamu untuk mau mendengar dan berani cerita, ya! Jangan sampai hal ini terulang sama orang lain.

Dilakukan oleh orang dekat
Pelaku kekerasan seksual bukan cuma orang mencurigakan yang mengikuti kamu di tengah jalan. Nyatanya, sebagian pelaku adalah romantic partner atau pacar. Makanya, selalu pasang mode siaga agar kekerasan seksual nggak terjadi pada kamu, ya!

Berujung kehamilan
Setelah mendapatkan pelecehan seksual, kadang bukan berarti mimpi buruk perempuan terhenti. Kenyataannya, beberapa dari mereka harus tertunda masa depannya karena kehamilan yang tidak direncanakan.

Setelah tahu fakta-fakta soal kekerasan seksual ini, kamu nggak bisa lagi menutup mata kalau bahaya itu nyata. Nah, bukan cuma menghindari perlakuannya, pastikan juga hindarkan diri kamu dari kemungkinan untuk jadi pelakunya, ya! (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com