salah pilih jurusan
foto unmuhjember

Enam Sikap Ini Membuat Kamu Salah Pilih Jurusan

Sudah duduk di kelas 12 dan siap-siap ikut ujian nasional selalu jadi momen paling berkesan. Selain deg-degan berusaha untuk lulus, yang nggak kalah penting juga udah pasti milih jurusan yang diambil buat kuliah. Yap, di momen ini kamu diminta mikir lebih panjang biar nggak sampe salah pilih jurusan.

Yang namanya menentukan masa depan, emang nggak bisa sembarangan. Nggak jarang, mereka yang udah melenggang masuk kampus nggak lama keluar karena mikir salah pilih jurusan. Biar nggak terjebak sama keadaan nanti, sebaiknya kamu hindari kesalahan yang paling sering dilakukan siswa SMA waktu milih jurusan kayak di bawah ini.

Yang penting kampusnya
Berhubung kampus yang satu itu kampus favorit, kamu ambil jurusan apapun di sana. Bahkan, kamu merelakan jurusan impian yang kamu dapat di kampus lain. Tapi, setelah mulai kuliah, baru terasa kalau kamu salah pilih jurusan kuliah dan nggak sesuai sama passion dan cita-cita. Banyak loh yang begini dan akhirnya drop out.

Nggak mau jauh dari teman
BFF alias best friend forever, wajar nggak bisa dipisahkan. Apalagi kalau udah mencicipi asam manisnya dunia SMA. Duh, nggak gitu juga, kali! Berteman dekat nggak selalu tentang menjalani hidup bareng terus. Kalau kalian emang BFF, kuliah nggak pernah jadi halangan buat terus temenan. Kan sekarang udah bisa video call buat kontak teman.

Takut sama biaya
Biaya kuliah kadna jadi halangan. Tapi, banyak contohnya mereka yang punya niat dan usaha akhirnya sukses juga kuliahnya. Makanya, jangan lupa cari tahu info soal biaya selama kuliah dan beasiswa yang bisa kamu dapat selama kuliah. Kamu bisa tanya ke senior yang kuliah di sana atau tanya-tanya lewat himpunan jurusannya.

Over dan underestimate
Nggak pede sama kemampuan sendiri itu merugikan. Sebelum bilang nggak mampu kuliah di satu jurusan yang udah dicita-citakan nggak salahnya dicoba, kan? Sebaliknya, jangan juga terlalu percaya diri sampai nggak menyiapkan kemungkinan lain.

Nggak terlibat memilih
Ketika kuliah, sepenuhnya kamu yang menjalani, loh. Makanya, setiap baik dan buruknya, harus kamu pertimbangkan. Penting banget buat kamu milih sendiri jurusan yang diambil buat diskusi sama orangtua. Kalau cuma orangtua yang milih, nggak nutup kemungkinan kamu merasa salah pilih jurusan kuliah.

Lokal-lokal aja
Kecuali kamu punya alasan yang kuat tetap tinggal di kota tempat kamu lahir dan besar, nggak ada salahnya kamu merantau. Kadang, mengorbankan kenyamanan tinggal di rumah perlu dilakukan untuk bisa kuliah di tempat impian. Kalau ada kesempatan kuliah di jurusan yang kamu inginkan di tempat lain, kenapa nggak?

Perlu diinget, salah pilih jurusan kuliah itu kenyataan dan banyak yang mengalami. So, pastikan pilihan kamu tepat dan jangan lupa berusaha agar cita-cita kamu tercapai, ya! Gas terus semangatnya! (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com