foto flickr
foto flickr

Empat Sikap Ini Bikin Kamu Susah Belajar Matematika

Dari sekian banyak pelajaran yang kamu terima di sekolah, matematika sering punya kesan yang menakutkan. Baru mendengar namanya aja, kadang bulu kuduk udah berdiri dan menari-nari. Belum lagi kalau udah menghadapi rumus dan jawab soal yang bikin bingung. Saking bingungnya, pegangan aja nggak cukup!

Sebenarnya bukan tanpa alasan kamu takut sama mata pelajaran yang satu ini. Selain butuh ketelitian tinggi, menguasai matematika memang butuh kesabaran tinggi. Makanya, kalau sudah sukses jawab soal matematika, perasaan jadi lega banget. Tapi, kalau kamu masih melakukan empat hal di bawah ini, nggak heran kalau nilai pelajaran yang satu ini nggak bakalan bagus.

Usaha setengah jalan
Matematika adalah pelajaran yang sambung menyambung menjadi satu. Tanpa materi di bab pertama, agak sulit untuk kamu menguasai bab berikutnya. Kalau udah menyerah di satu materi awal, ke sananya dijamin kamu akan susah mengikutinya. Jadi, cobalah untuk tarik napas, buang perlahan, lalu lanjutkan perjalanan belajar matematika. Usaha setengah jalan bikin kamu nggak tiba di mana-mana!

Malas latihan
Sama halnya kayak keterampilan yang lain, matematika bisa kamu kuasai kalau sering-sering latihan soal. Semakin ketemu banyak jenis soal dan menyelesaikannya, kamu akan makin jago. Salah satu cara paling jitu adalah anggap matematika kayak game yang penuh tantangan. Stage 1 berhasil, lalu lanjut ke stage berikutnya, kan?

Ikut-ikutan
Karena temen bilang matematika itu susah, kini kamu terbayang sama anggapan yang sama. Padahal, semuanya tergantung sama tingkat usaha yang berbeda-beda, kok! Siapa tahu, diam-diam kamu punya bakat terpendam dalam menyelesaikan soal matematika, kan?

Pusing duluan
Layaknya lihat mantan deket sama pacar baru, itulah yang kamu rasakan ketika melihat angka mulai berdempetan sama huruf. Habis lihat deretan angka dan huruf itu, kamu jadi malas untuk melanjutkan belajar. Eh, nggak perlu pusing. Kalau kamu tahu maknanya, aslinya nggak akan sesulit itu, kok!

Nggak keren sih kalau kamu menyerah cuma karena anggapan kalau matematika itu sulit. Justru, kamu harus bisa membuktikan kalau kamu bisa. Semangat, ya! (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com