foto freeimages
foto freeimages

Empat Langkah Atur Uang Bulanan dari Orangtua

Dikasih uang bulanan karena sudah mau masuk kuliah pasti bikin kamu merasa keren gimana gitu. Dari yang biasanya terima beres karena dapet jajan harian, sekarang bisa mulai ngatur pengeluaran sesuai keinginan diri sendiri. Ya, emang sih jadi lebih bebas mau make uangnya buat apa aja. Tapi, kalo nggak disiplin, bukan nggak mungkin loh kamu udah kehabisan uang sebelum akhir bulan. Nah, daripada merana dan ujung-ujungnya ngadu ke orangtua, yuk mulai belajar ngatur uang bulanan!

Dicatat!
Mulai dari yang gede-gede kayak bayar kosan, sampe yang sepele abis tapi ngeluarin uang juga macem fotokopian. Pokoknya, sebisa mungkin, kamu harus nyatet segala pengeluaran yang ada. Ya, repot sih emang. Tapi, kalo tiba-tiba khilaf, kamu nggak bakal bingung itu uang “ilang” ke mana.

Buat yang penting-penting dulu
Kosan sama makan jelas harus ada di peringkat pertama. Ya, nggak mungkin kan kamu bela-belain hura-hura nggak karuan, eh taunya lupa bayar kosan? Uangnya? Udah kepake… Terus kamunya? Numpang di kosan temen? Emang ada yang mau nampung?

Siapin buat yang nggak terduga
Kalo yang penting-penting udah dibayar semua dan (bersyukurlah) masih banyak sisanya, sisihin dulu deh sebagian buat hal-hal yang nggak terduga. Entah (amit-amit) sakit terus berobat, harus fotokopi sampe banyak banget, atau… ya… nggak tau ya, namanya aja nggak terduga. Nah, kalo udah disisihin masih ada sisa (lagi), baru deh dipake buat yang enggak-enggak alias hura-hura nongkrong karaokean hore sama temen.

Bikin uang kaget
Hura-hura sama temen juga nggak boleh lupa sama yang namanya nabung. Tapi, kalo kamu tipe yang geregetan sama uang tabungan sendiri alias nggak tahan mau make, ya… mending bikin uang kaget aja! Coba deh iseng selipin 10k atau 20k di bawah toples permen atau buku apaan gitu. Kamu pasti seneng deh nemuin mereka pas nanti butuh. (mns)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com