Ilustrasi beasiswa Cambridge Institute
Ilustrasi beasiswa Cambridge Institute

Dua Jenis Beasiswa Ini Perlu Kamu Tahu

Tahun ajaran baru memang sudah berjalan beberapa bulan yang lalu. Tapi, rencana kuliah sudah kami buat dan sekarang siap-siap buat ikut ujian nasional dengan harapan dapat hasil terbaik. Biar harapan ini tercapai, kamu sudah mulai berhenti ikut kegiatan yang nggak ada hubungannya sama belajar. Sebagai gantinya, kamu milih ikutan bimbel sambil belajar kelompok bareng teman satu geng.

Mumpung ujian masih lama, nggak ada salahnya kamu mulai cari info tentang beasiswa buat kuliah. Apalagi tawaran beasiswa sudah muncul di sekolah kamu. Entah itu pemerintah, yayasan milik pengusaha semacam Tanoto Foundation, atau tawaran kuliah cuma-cuma dari kampus favorit. Nah, kalau kamu mau pilih salah satunya, ada baiknya pehami dulu dua jenis biaya pendidikan kayak di bawah ini.

Beasiswa Sebagian (Partial Scholarship)
Kalau ternyata beasiswa kamu menyebutkan bahwa jenisnya adalah beasiswa sebagian, berarti kamu harus membicarakan lagi kepada orang tua kamu tentang tambahan biaya. Soalnya, jenis beasiswa ini hanya memberikanmu dana untuk menanggung biaya operasional pendidikan dan hal-hal tertentu seperti buku pelajaran. Nah, kalau begitu, kamu akan membutuhkan dana untuk menutupi biaya hidup dan lain-lainnya. Jika mau menggunakan dua sponsor, ketahui bahwa keduanya memperbolehkan kamu untuk menggunakan lebih dari satu sponsor, ya!

Beasiswa penuh (full scholarship)
Hidup udah akan nyaman banget kalau kamu dapat full scholarship. Soalnya, dengan beasiswa penuh ini, kewajiban kamu hanya belajar dan mempertahankan prestasi. Jenis beasiswa ini akan membuat hidupmu tenang karena dia akan menutupi seluruh biaya penidikan dan hidup kamu. Bahkan, kamu akan diberikan dana untuk jajan juga, lho!

Kalau sudah tahu jenis beasiswa kamu, sekarang tinggal pikir-pikir akan diambil atau tidaknya, ya! Jangan lupa, menggunakan beasiswa berarti kamu telah diberikan kepercayaan untuk dapat bermanfaat bagi orang lain. Oleh sebab itu, jangan disalahgunakan, ya! (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com