berita hoax
foto sindonews

Cara Aman Biar Nggak Tertipu Berita Hoax

Media sosial memang jadi tempat yang menyenangkan buat berbagi banyak hal. Mulai dari meme yang bikin ketawa gelindingan, cerita mengharukan yang bikin kamu berkaca-kaca, bahkan berita kejadian lucu, pasti seru kalau banyak teman yang ikut baca. Jadi, dikit-dikit share, buat berbagi ke teman kamu.

FYI, nggak semua berita yang kamu baca atau share itu benar, lho! Pasti kamu nggak asing dengan berita hoax, kan? Berita hoax atau palsu ini sekarang bertebaran di dunia maya. Ternyata dari hasil penelitian Stanford University ada yang bikin kaget. Sebanyak 82% siswa sekolah menengah nggak bisa membedakan antara berita yang asli dan berita hoax alias palsu.

Mungkin bahaya berita hoax nggak langsung bisa kamu rasakan. Tapi, kalau ternyata itu merugikan orang lain atau menebar kebencian, pasti bahaya, kan? Sebelum percaya atau share berita yang kamu temukan di internet, ada baiknya cari tahu benar nggak yang kamu baca itu. Buat yang masih bingung, ini cara aman terhindar dari berita palsu.

Jauhi website yang mencurigakan
Ada website yang memang jadi sumber berita hoax. Seenggaknya, kamu harus curiga dengan website yang jadi sumbernya. Kalau menemukan berita lama yang ditampilkan kembali dan didramatisir, biasa aja berita dalam website itu hoax.

Perhatikan penulisnya
Website berita yang asli, biasanya punya redaksi. Kalau cuma ada satu penulis aja dan identitasnya nggak diketahui, kamu patut curiga. Selain itu, ada juga alamat jelas dan lengkap yang bisa dibuktikan kalau didatangi. Minimal kalau ditelpon ada orangnya, bukan mesin yang jawab.

Cek lagi sumbernya
Kalau berita yang kamu baca mencantumkan sumber, baca juga sumber aslinya. Bisa aja, berita itu disalahartikan atau ditulis ulang dengan memotong atau menambah bagian-bagian tertentu. Banyak kan sekarang yang suka motong-motong berita lalu di-share. Ujungnya, berita yang di-share jauh dari kenyataan sebenarnya.

Jangan hanya lihat satu berita
Ini yang paling sering bikin berita hoax mudah tersebar. Ketika baca sebuah berita online, gunakan kata kuncinya lalu temukan berita dengan topi serupa dan sumber yang berbeda.

Hindari terlalu percaya pada berita dari akun pribadi
Berita yang disampaikan akun pribadi tanpa memuat sumber juga patut untuk kamu pertanyakan ya, Guys! Selalu cek lagi berita yang dipublikasikan oleh akun pribadi atau blog pribadi.

Kalau cara internet-annya sehat, berita yang kamu dapat juga sehat, kok! Jadi, jangan gampang tertipu sama berita hoax. Yuk, jadi netizen yang cerdas! (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com