doodle

Belajar Sambil Doodling Ternyata Lebih Efektif, Loh

Dibandingkan punya teman, catatan pelajaran kamu mungkin nggak ada rapi-rapinya. Bukan tulisan yang lengkap, rapi, dan berderet seperti punya teman. Buku catatan kamu justru penuh dengan bentuk-bentuk, gambar, panah, dan juga garis-garis. Setiap kali pelajaran, memang itulah hal yang kamu lakukan: doodling. Bukannya menuliskan setiap kata, gambar doodle inilah yang jadi catatan buat kamu.

Banyak yang bilang kalau terlalu sibuk membuat doodle bikin nilai kamu jadi pas-pasan. Belum lagi, kalau guru yang nggak tahu akan mikir kamu menggambar hal di luar mata pelajaran dan nggak fokus. Eits, jangan salah! Justru, doodling punya banyak manfaat buat proses belajar kamu, loh!

Seorang peneliti bernama Jackie Andrade membuat penelitian yang dirilis di jurnal Applied Cognitive Psychology. Dia menemukan kalau doodling dapat membantu kita untuk lebih baik dalam mengingat. Saat membuat doodle, otak kamu jadi lebih aktif bekerja. Makanya, kamu jadi lebih memperhatikan materi yang sedang dipelajari. Susunan gambar yang kreatif juga bisa menstimulasi otak untuk memunculkan ide-ide baru yang lebih seru.

Selain bikin jadi lebih konsentrasi dan memicu ide baru, saat men-doodle tingkat stress kamu berkurang, loh! Apalagi, buat kamu yang memang suka dan punya passion dalam bidang menggambar. Pasti jadi senang, kan? Kalau nanti ditegur guru, pastikan kamu menjelaskan kalau yang kamu doodle itu memang materi yang sedang dipelajari. Nah, setelah libur usai nanti, siap kan mencoba teknik belajar yang satu ini? (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com