foto pixabay
foto pixabay

Begini Cara Hadapi Gangguan Handphone Waktu Belajar

Lagi konsen belajar buat persiapan ujian nasional nanti, udah pasti kamu nggak mau banyak gangguan. Pintu kamar udah dikunci, televisi udah dimatiin, dan semua yang berpotensi jadi gangguan sudah kamu non-aktifkan. Tapi, masih ada satu lagi yang kamu lupakan: handphone. Gara-gara lupa mengubah ke mode silent, bunyi notifikasi WA atau yang lain bikin konsentrasi kamu buyar semua. Sebel? Udah pasti. Apalagi kalau sampe kamu jadi bad mood untuk melanjutkan belajar. Yang lebih sebel lagi, pesan yang masuk ternyata orang nawarin pinjemen.

Biar waktu belajar nggak terganggu, mau nggak mau kamu mesti pinter-pinter ngatur pakai hape. Jangan sampe jadi kecanduan yang nggak bisa belajar kalau nggak ada hape. Gimana pun juga hape itu banyak gunanya dan bantu kamu banget. Tapi, kalau nggak bisa ngatur kapan pakai, yang pasti berpotensi jadi gangguan. Makanya, biar hape kamu nggak berubah jadi gangguan belajar, coba kamu lakukan langkah sederhana ini.

Matikan fitur media sosial
Jujur aja, kamu emang susah lepas dari media sosial entah itu Facebook, Instgram, Twitter dan lain-lain. Emang sih, kamu bisa tanya ini dan itu sama teman kalo pas nemuin soal yang nggak bisa kamu jawab. Tapi, biasanya kamu jadi keasyikan sendiri sampe waktu belajar habis. Nah, biar social media ini nggak pengganggu, matikan dulu sebelum kamu mulai belajar.

Pindah ke mode silent
Pindah ke mode silent ini pas bener buat hilangin potensi gangguan. Ya, gimana mau ganggu kamu kalo hapenya udah nggak bisa bunyi meski ada pesan dan panggilan masuk. Tapi, kalo mau mode silent, taruh hape kamu di tempat yang agak jauh. Kalo ditaruh di dekat meja belajar, pas lampu menyala kalo ada panggilan masuk pasti jadi gangguan juga.

Pake aplikasi pembatas waktu
Kalo hape kamu udah ada fitur pembatas waktu, boleh tuh dipake buat ngingetin kamu berapa lama kamu internetan. Aplikasi kayak Facebook Nanny bisa dicoba buat membantu batasi waktu yang kamu pake mainin media sosial.

Putusin koneksi internet
Ini cara yang paling ampuh. Kalo rumah kamu dipasangin WiFi dan nggak ingin WiFi dimatiin karena lagi dipake ayah atau ibu, cukup matiin aja sambungan WiFi ke hape kamu. Kalo pengen cara yang lebih bagus lagi, matiin hape kamu dan taruh di dalam tas. Dijamin nggak bakal ada gangguan lagi dari yang namanya hape. (afs)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com