rambut basah
foto shutterstock

Begini Cara Aman Mengeringkan Rambut Basah

Walau udah jadi hal yang biasa dilakukan, urusan mengeringkan rambut basah ternyata masih banyak salahnya. Soalnya, cara yang kamu pakai selama ini malah bikin rambut rontok, patah, bercabang, dan yang buruk-buruk lainnya. Sebenernya gimana sih cara mengeringkan rambut basah yang tepat biar nggak kerusakan dan bikin masalah lain?

Peras dulu pake tangan
Yak, begitu selesai keramas, jangan buru-buru bungkus rambut basah kamu pake handuk. Kelebihan airnya diperas dulu pake tangan. Nah, meras-memerasnya ini jangan dipelintir kayak meras cucian, ya. Tapi, sedikit-sedikit aja biar rambut kamu nggak rusak.

Jauh-jauh dari handuk yang kasar
Kalo udah diperas, rambut basah baru dibungkus pake handuk. Tapi, bahan handuknya juga harus diperhatiin, ya. Jangan yang kasar karena berpotensi bikin rambut basah jadi kusut dan bercabang. Nah, kalo kamu nggak punya handuk yang bahannya halus, bisa kok diganti sama t-shirt lama yang udah nggak dipake!

Serap air pake handuk
Kalo selama ini kamu terbiasa menggosok rambut basah dengan handuk, berarti saatnya untuk berubah. Daripada digosok, mending diserap aja pelan-pelan. Caranya, ambil sebagian rambut basah, bungkus pake handuk, dan ditekan sedikit sampe airnya terserap. Begitu, dan begitu, sampe semua bagian rambut kamu nggak ada airnya lagi.

Jauh-jauh dari hair dryer
Yang namanya hair dryer jelas nggak bagus buat kesehatan rambut. Tapi, kalo emang terpaksa banget harus pake pengering instan ini, pastiin aja kalo rambut kamu udah setengah kering, ya. Terus, jangan lupa atur temperaturnya jadi yang paling dingin. Dan, hair dryer-nya jangan terlalu deket juga sama rambut. Oke? (mns)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com