foto hellosehat
foto hellosehat

Bagian Tubuh Ini Nggak Boleh Dicuci Terlalu Bersih, Loh

Buat sebagian orang, yang namanya mandi adalah hal yang susah banget dilakukan terutama saat liburan. Untuk mengumpulkan niat aja, kamu butuh waktu berjam-jam. Belum lagi, waktu yang kamu habiskan dengan hanya memegang handuk sambil merencanakan mandi. Niat mandi pagi, eh, ternyata siang atau bahkan sore hari baru dilakukan. Kalau pun harus mandi, rasanya berat banget dan kamu berusaha cepat-cepat selesai.

Walau berat dan kadang suka nggak niat, yang namanya mandi memang penting untuk dilakukan demi kebersihan. Nggak seru dong kalau tubuh kamu dipenuhi dengan bakteri? Yang ada malah jadi nggak sehat dan juga gatal-gatal. Belum lagi aroma nggak sedap yang muncul dari tubuh kamu gara-gara nggak mandi atau mandinya nggak bersih. Segala yang bersih biasanya sih dianggap sebagai hal yang baik. Tapi, jangan salah, untuk beberapa bagian tubuh ini, ternyata kamu nggak perlu terlalu bersih saat mencucinya, loh! Yang begini bukan berarti kamu jorok atau nggak mau bersih, tapi mencuci terlalu bersih bagian tubuh ini malah kurang bagus, loh.

Rambut

rambut

Nggak keramas memang bikin lepek. Tapi, ketika rambut kamu dicuci terlalu bersih atau terlalu sering akan membuat kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak. Nggak heran, rambut yang tadinya kamu kira akan lebih bersih, justru jadi lebih mudah lepek.

Daerah reproduksi

daerah reproduksi

Perlu kamu tahu, setiap bagian tubuh kita punya tingkat keasaman yang berbeda-beda. Nah, daerah reproduksi kamu seperti sekitar vagina dan penis juga punya tingkat keasamaan (pH) yang beda. Soalnya, bakteri baik yang bermanfaat biasanya hanya dapat hidup dalam pH tertentu. Dengan mencuci daerah ini dengan sabun secara berlebihan, kamu udah menghilangkan bakteri baik yang bisa menjaga organ reproduksi kamu.

Ketiak, lengan, dan kaki

ketiak

Bagian-bagian tubuh kamu ini ternyata nggak punya kelenjar minyak yang cukup banyak untuk menjaga tubuh tetap lembab. Maka dari itu, membersihkannya secara berlebihan justru bikin kulit jadi segersang isi dompet di akhir bulan. Khusus untuk bagian ketiak, saat kering akibat dicuci dengan terlalu banyak sabun, bisa memicu keringat berlebihan. Jadinya, bau badan, deh!

Sebenarnya, segala hal yang berlebihan emang nggak baik. Makanya, biar nggak salah, kenali sifat-sifat bagian tubuhmu, ya! (cys)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com