foto youqueen
foto youqueen

Alasan Teman Menolak Bantuan yang Kamu Ulurkan

Selain buat barengan nongkrong, yang namanya teman juga bisa menjadi tempat untuk minta bantuan waktu sedang kesusahan. Sebagai teman, kamu pun berniat memberi bantuan ke salah satu teman yang terlihat sedang ada masalah. Tapi, waktu ditawari bantuan, teman kamu terkesan ogah-ogahan dan cenderung menolak. Padahal, kamu berniat berbuat baik dan bukan mau menagih hutang.

Niat baik kadang memang nggak selalu dapat sambutan baik. Bahkan, kalau niat itu buat bantu teman sendiri. Tapi, kalau mengalami kejadian begini, kamu nggak boleh langsung menyalahkan dia. Sikap dia begitu pasti ada sebab-sebabnya. Kalau dia menolak, jangan-jangan dia memang nggak yakin kamu mau mau bantu karena hal-hal di bawah ini.

Terkesan basa-basi
Ya, memang sih kamu sering bertanya soal masalah dan juga perkembangannya. Tapi, cara kamu bertanya, terkesan basa-basi banget alias nggak tulus. Jadi, ya, teman kamu jawabnya juga sekilas info aja nggak benar-benar serius.

Nggak pernah menyediakan waktu
Nah, kalaupun teman kamu udah bersedia membuka diri dan mau menceritakan masalahnya, kamu pasti nggak pernah bisa menyediakan waktu untuk mendengar semua keluh kesahnya. Udah ada janji lah, sibuk mengerjakan tugas lah, ini lah, itu lah, sampai akhirnya, jadi malas cerita karena udah tau kamu nggak akan pernah punya waktu untuk mendegarkan.

Selalu menyepelekan masalahnya
Terus, kalaupun ada waktu untuk mendengarkan, kamu pasti selalu menyepelekan masalahnya. Menanggapi dengan “ya udah lah” atau “ya udah sih” padahal masalahnya benar-benar berat dan teman kamu sedang butuh support banyak orang. Nah, kalau tanggapannya seperti itu, lebih baik nggak usah cerita sekalian, kan?

So, setelah membaca tiga hal di atas, kamu jadi mengerti kan kenapa teman terkesan ogah-ogahan dan cenderung menolak tawaran bantuan dari kamu. Sebelum menyalahkan dia, ada baiknya kamu introspeksi lebih dulu biar tahu masalah sebenarnya. (mns)

 

About admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com